» » » » Dandim 0618/BS Gandeng Insan Pers Sosialikan Citarum Bestari


SJO BANDUNG - Persoalan sungai Citarum merupakan masalah bersama, guna mewujudkan sungai Citarum bersih diperlukan kerjasama berbagai pihak, Komandan Kodim (Dandim) 0618/BS mengajak Insan Pers untuk turut menyebarkan informasi berkaitan program Citarum Bestari, hal tersebut disampaikan Dandim dalam "Silahturahmi Dandim 0618/BS Bersama Insan Pers Dalam Rangka Sosialisasi Citarum Bestari 2016" di Aula Citra Bhakti, Markas Kodim 0618/BS, Jalan Bangka No.2, Bandung, Kamis (4/8) Malam.

Beberapa pencapaian telah dilakukan Kodim 0618/BS meliputi Program Citarum Bestari yang merupakan program dari pemerintah daerah untuk bersih-bersih sungai Citarum dan anak-anaknya (Anak Citarum).

"Kami harapkan insan pers dapat mensosialisasikan kepada masyarakat dalam mensukseskan program Citarum Bestari ini agar masyarakat lebih banyak lagi yang tahu serta mengerti dan pada akhirnya terlibat dalam kegiatan, program Citarum bestari bukan hanya program TNI melainkan program kita bersama" Terang Dandim 0618/BS Letkol Inf Soegiyono kepada awak media se Bandung Raya.

Pihaknya juga telah menurunkan personil kewilayahan guna mendata permasalahan seputar anak sungai yang bermuara ke Sungai Citarum. Pendataan tersebut meliputi sampah rumah tangga juga limbah pabrik. Beberapa pabrik kedapatan masih membuang limbah ke Sungai, pihaknya sebatas menghimbau.

"Ada beberapa pabrik yang buang limbah ke sungai, di sungai cibeurem itu kahatex buangnya masih ke sungai. Ini perlu ketegasan dari aparat terutama dari satpol PP. Apalagi kita itu memiliki perda, tapi perda hanya ditempel. Tapi masyarakat kita tidak takut dengan perda itu, harusnya diberikan contoh" Kata Dandim.

Bangunan diatas sungai maupun anak sungai juga ditengarai menjadi biang permasalahan, diduga aliran sungai menjadi sempit dan adanya proses pembuangan sampah langsung ke sungai menjadi pantauan Kodim.

"Kami sudah menghimbau bangunan - bangunan yang diatas sungai tapi kami hanya bisa mengimbau dan kami sudah melaporkan ke pak Walikota bahwa ini tidak benar ada bangunan di atas sungai" tegasnya.

Pihaknya mencontohkan, tidak jauh dari makodim juga terdapat bangunan di bantaran kali, berdasarkan hal tersebut pihaknya memberikan masukan kepada walikota bandung yang kemudian telah membuat rencana jangka panjang untuk penghuni bangunan di bantaran sungai.

"Bangunan di bantaran sungai sudah cukup banyak, cukup parah contohnya saja di dekat kodim ini sudah penuh dengan bangunan bila tidak ada penanganan ya semua sungai tidak punya bantaran sungai. Sementara undang - undang menyatakan, bahwa bantaran sungai kiri kanannya harus clear dari perumahan maupun bangunan liar" ujar Dandim.

Pihaknya mengaku telah berkomunikasi memberikan masukan dengan pemerintah kota. Rencananya kedepan  Walikota Bandung akan menyiapkan membangun Rumah susun guna memindahkan penghuni rumah yang berada diatas sungai.

"Walikota sudah membuat rencana akan membuat semacam rusunawa untuk memindahkan orang-orang yang tinggal di bantaran sungai, nmun tidak dalam waktu dekat, namun dalam jangka panjang. Orang-orang yang tinggal di bantaran sungai akan dipindahkan ke perumahan rusunawa.


Seputar Himbauan Dandim Terhadap Klub Motor maupun Klub Mobil Disepakati Bersama Membatasi Waktu Kumpul

Himbauan Kodim 0618/BS ajak klub Motor dan Mobil untuk membatasi kumpul - kumpul di waktu malam hari akhirnya disepakati bersama.

"Saya menghimbau kepada klub motor untuk tidak berkumpul malam hari, untuk sementara. Sebentar lagi kita menyambut kedatangan Pon di kota Bandung. Demi terwujudnya kondusifitas Kota Bandung dalam menjelang pergelaran PON Jabar. Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) kita minta agar pergelaran PON XIX ini dapat terlaksana dengan baik dan Jabar menjadi peringkat 1(Juara Umum)" terang Dandim 0618/BS Letkol Inf Soegiyono.

Beredarnya pemberitaan yang menyebutkan dirinya melarang juga diklarifikasi Dandim, menurutnya, Kodim sebatas menghimbau kepada klub motor untuk membatasi jam kumpulnya, bukan melarang. "Saya klarifikasi saya tidak melarang" tegasnya.(Don)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: