» » » » 90 Tahun Pondok Modern Gontor, Buku “Ajaran Kiai Gontor” Diluncurkan

SJO, BATANG—Memeriahkan 90 Tahun Pondok Modern Gontor, Ponorogo, sebuah buku monumental berjudul “Ajaran Kiai Gontor” karya Muhammad Ridlo Zarkasyi diluncurkan secara meriah dalam rangkain kegiatan Panggung Gembira Pondok Modern Tazakka, Batang, Jawa Tengah (26/8).

Buku setebal 248 halaman ini bersisi 72 prinsip hidup dan wejangan KH. Imam Zarkasyi (1901-1985), salah satu pendiri Pondok Modern Gontor  di-syarah (dijelaskan) dengan baik oleh putra bungsunya sendiri, Muhammad Ridlo Zarkasyi.

“Ini buku yang sangat inspiratif. Kutipan-kutipannya sangat menyentuh dan menarik,” ujar KH. Anang Rikza, Pimpinan Pondok Modern Tazakka, saat memberikan sambutan peluncuran buku.

Pondok Modern Tazakka merupakan salah satu pondok cabang alumni Gontor yang baru berusia empat tahun. Namun begitu, perkembangan dan kemajuanya sangat luar biasa. Saat ini sudah memiliki 500 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Kiai Anang, salah satu ungkapan yang paling berkesan dari KH. Imam Zarkasyi antara lain, “Berani hidup tak takut mati; takut mati jangan hidup. Takut hidup mati saja. Hidup sekali hiduplah yang berarti.”  “Hidup itu perjuangan. Hidup tanpa perjuangan bukan hidup namanya.”

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren WALI, Salatiga, Jawa Tengah, KH Anis Maftuhin, menambahkan bahwa buku “Ajaran Kiai Gontor”  bisa dikatakan salah satu buku yang paling lengkap dan bernas menjelaskan “rahasia sukses” di balik pendidikan Pondok Modern Gontor sehingga melahirkan alumni-alumni yang berhasil berkiprah dimasyarakat dan tersebar di seluruh dunia.

“Semua santri dan alumni Gontor harus baca buku ini. Meski ini bisa dibaca siapa saja. Siap-siap terbakar, jiwa dan pikiran Anda. Insya Allah akan membuat kita menjadi orang yang berbeda, lebih berani dan lebih baik,” tambahnya.(RLS)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: