» » » Walkot Bandung Kerjasama dengan Beberapa Walkot dan Bupati di Indonesia

SJO, BANDUNG - Peristiwa sejarah terjadi pada Jumat (15/07/2016) di ruang rapat Bandung Command Center. Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil beserta jajaran staff melakukan teleconference atau komunikasi langsung dalam jarak jauh dengan beberapa wali kota dan bupati di Indonesia, diantaranya adalah  Bupati Merauke Frederik, Wali Kota Palangka Raya Riban, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina,dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Tujuan dari adanya rapat online tersebut yaitu membahas mengenai kerja sama antara Kota Bandung dengan Kabupaten/Kota tersebut. Hal tersebut sesuai dengan prinsip Pemerintah Kota Bandung, yakni perbanyak kolaborasi, kurangi kompetisi.

Ridwan mengatakan bahwa Kota Bandung menawarkan tiga poin kerja sama kepada para kepala daerah. Poin pertama adalah kerja sama Smart City berupa hibah software manajemen pemerintahan. Kota Bandung memiliki lebih dari 300 software yang akan membantu kinerja pemerintahan dalam berbagai sektor, poin kedua yaitu kerja sama anak muda di bidang ekonomi kreatif, Dimana anak muda dari Bandung dapat melakukan pelatihan termasuk menawarkan jika produk dari daerah tersebut ingin di jual di Bandung. "Karena turis yang datang ke Bandung hampir enam juta pertahun, jadi kami akan memfasilitasi berupa tempat dan promosinya." Tambahnya.

Ketiga, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Karena menurut Ridwan Bandung satu-satunya kota/kabupaten yang meraih nilai 80. "Maka Kota Bandung siap membantu daerah lain untuk meningkatkan kinerja reformasi birokrasi," tambahnya. Dan seluruh tawaran yang Ridwan berikan kepada lima daerah tersebut diberi secara gratis.

Usai Ridwan memaparkan ketiga poin kerja sama tersebut, beliau mengutarakan apresiasinya terhadap Merauke. "Saya paling terharu dengan Merauke. Mereka paling jauh tetapi mereka yang paling bersemangat dan antusias atas tawaran yang saya berikan. Jadi saya merasa senang sekarang ini dapat berkomunikasi dengan teknologi teleconference,”pungkasnya.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: