» » » Wagub Deddy Mizwar Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2016

SJO, RIAU-Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 ini terasa istimewa karena di tengah upaya bersama dalam melestarikan lingkungan hidup Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Penghargaan Nirwasita Tantra 2016 Tingkat Provinsi, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau, Jumat (22/07/16). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Deddy mengatakan penghargaan ini bukan target, kita melakukan pelestarian lingkungan agar tidak zalim kepada generasi berikutnya.

Nirwasita Tantra Award adalah penghargaan dari pemerintah terhadap Kepala Daerah (Gubernur dan Bupati/Walikota) yang dinilai memiliki kepemimpinan yang mampu merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja berbasis pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Penilaian penghargaan Nirwasita Tantra didasarkan atas dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), yaitu dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.

Wapres Jusuf Kalla mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada seluruh pejuang lingkungan dan berharap penghargaan yang diraih dapat menginspirasi dan mendorong perbaikan kualitas lingkungan hidup oleh seluruh masyarakat serta bermanfaat bagi generasi mendatang.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengingatkan agar kita terhindar dari “kutukan sumber daya alam” dimana sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam justru mengalami bencana akibat pengelolaan lingkungan hidup yang tidak tepat.

Lebih lanjut lagi Wakil Presiden RI mengatakan bahwa lingkungan hidup sudah berubah maka kehidupan juga berubah. “Dulu memiliki gading gajah dan kulit harimau adalah kebanggaan, sekarang menjadi musuh dunia,” katanya.

Pada tahun 2016 ini, terdapat 57 Kabupaten/Kota nominator Penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Kabupaten/Kota dan 29 Provinsi nominator Penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Provinsi. Setelah melalui tiga tahap penilaian, akhirnya terpilih 5 Provinsi, 4 Kabupaten, dan 2 Kota pemenang Penghargaan Nirwasita Tantra 2016.

Berikut adalah Pemenang Penghargaan Nirwasita Tantra 2016 Tingkat Provinsi yaitu : Peringkat I : Provinsi Jawa Timur, Peringkat II : Provinsi Jawa Barat, Peringkat III : Provinsi Sumatera Barat, Peringkat IV : Provinsi Sulawesi Selatan, Peringkat V : Provinsi Jambi; dan Pemenang Penghargaan Nirwasita Tantra 2016 Tingkat Kabupaten yaitu : Peringkat I : Kabupaten Buleleng, Bali, Peringkat II : Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Peringkat III : Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Peringkat IV : Kabupaten Lumajang, Jawa Timur; serta Pemenang Penghargaan Nirwasita Tantra 2016 Tingkat Kota yaitu : Peringkat I : Kota Surabaya, Jawa Timur, Peringkat II : Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: