» » » Ribuan Warga Hadiri Peringatan 10 Tahun Tsunami di Pangandaran

Foto : Ribuan masyarakat menghadiri peringatan tsunami yang melanda Pangandaran 10 tahun silam.

SJO PANGANDARAN – Ribuan lilin dinyalakan oleh warga dari berbagai kalangan yang mengikuti doa bersama untuk para korban bencana tsunami yang terjadi di Pangandaran 10 tahun silam.

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan dalam peringatan mengenang 10 tahun tsunami dan dipusatkan di lapang Boulevard Pantai Barat Pangandaran, yang diselenggarakan penggiat wisata dan komunitas sosial Pangandaran, Minggu (17/7/2016) malam.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari, menyerahkan bantuan hasil penggalangan dana yang dilakukan panitia, kepada beberapa keluarga korban tsunami.

Sebelumnya kegiatan ini berlangsung sejak siang hari, diawali long mach dari dari berbagai elemen masyarakat antara lain HPI, KOMPEPAR, BNPB, BPBD, PPWP, ATTAP, PHRI, LINMAS dan berbagai ormas terkait kebencanaan.

Long marc dimulai dari Gedung Touris Information Center Pangandaran menuju pantai timur hingga pantai barat yang berakhir di establis Pangandaran Sunset di Boulevard Pantai Barat Pangandaran.

Selanjutnya dilakukan simulasi evakuasi warga dalam menghadapi bencana tsunami yang dilakukan pada pukul 16.10 WIB, tepat 10 tahun bencana tsunami melanda wilayah pesisir Kabupaten Pangandaran pada 17 Juli 2006 lalu.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan gelar doa dan tabur bunga di makam para korban tsunami yang tidak teridentifikasi.

Ketua Pelaksana Edi Rusmiadi mengatakan, acara tersebut dalam rangka momentum peringatan tsunami yang terjadi pada 17 Juli 2006 silam, tujuannya untuk mendo’akan para korban dan memanjatkan do’a agar Pangandaran bangkit setelah mengalami bencana tersebut.

“Kita tidak boleh larut dalam kesedihan, meski kita pernah mengalami bencana tsunami yang mungkin telah menghilangkan sebagian harta kekayaan kita,” kata Edi. (Wan)





«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: