» » » Obyek Wisata Citumang, Resmi Ditutup


SJO PANGANDARAN - Obyek wisata Citumang yang terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran dan merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan penghobi body rafting di aliran sungai, saat ini ditutup sementara.

Hal tersebut merupakan sikap dari pemerintah daerah menyikapi laka tirta yang terjadi di lokasi dan belum adanya kejelasan standard operation procedure (SOP) yang baku yang di terapkan di destinasi tersebut.

Obyek wisata ini berada di kawasan Perum Perhutani, dan pihak perum tidak mengcover untuk asuransi fasilitas body rafting, mengingat untuk atraksi wisata dikelola oleh masing-masing provider dengan tidak adanya payung hukum yang menaunginya.

Kejelasan penutupan destinasi wisata tersebut, setelah dilakukan pertemuan Bupati Pangandaran, Ketua dan anggota DPRD Pangandaran, Dinas terkait, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pelaku usaha di obyek wisata Citumang, Selasa (19/7/2016) siang.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyatakan penutupan sementara obyek wisata Citumang berdasarkan evaluasi selama 6 bulan menjadi bupati, sudah dua kali terjadi kejadian kecelakaan di obyek wisata tersebut.

Berbagai persoalanpun mengemuka saat pertemuan berlangsung. Sumadi Ketua Karang Taruna Desa Bojong, mengharapkan penutupan obyek wisata Citumang tidak berlangsung lama. Pasalnya banyak warga yang menggantungkan hidupnya pada keberlangsungan obyek wisata tersebut seperti para pemandu, operator jasa body rafting, warung disekitar lokasi dan sebagainya.

Sumadi juga menyampaikan unek-uneknya pada pihak Perum Perhutani karena selama ini tidak bertanggung jawab pada asuransi kecelakaan yang terjadi di obyek wisata tersebut.

"Padahal dalam tiket tanda masuk sudah termasuk asuransi kecelakaan namun kenyataannya tidak termasuk kecelakaan pada wisatawan yang main body rafting,"katanya.

Selanjutnya tambah Sumadi, dengan momentum penutupan sementara obyek wisata Citumang diharapkan antara pemerintah, DPRD dan semua stakeholder dapat segera menyelesaikan permasalahan yang saat ini terjadi.

Sedangkan Adm Perum Perhutani Bambang menyatakan, siap bekerjasama dalam penyelesaian persoalan di obyek wisata Citumang.

"Pasalnya sementara ini kami tidak bisa mengambil kebijakan apapun karena terikat dengan peraturan dan perundangan undangan yang berlaku. Namun intinya kami siap bertukar pikiran dalam upaya mencari solusi atas persoalan ini,"kata Bambang.

Atas segala persoalan yang mengemuka dalam pertemuan tersebut, Bupati Jeje Wiradinata membentuk Tim pembenahan objek wisata Citumang yang terdiri dari pemerintah dan semu stakeholder serta akan segera bekerja untuk menyelesaikan persoalan tersebut.(wan)




«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: