» » » Little Bandung Akan Segera Hadir di Korea

SJO, BANDUNG - Dalam waktu dekat ini, melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), Kota Bandung bersama Kota Denpasar dan Kabupaten Temanggung akan mempromosikan produk-produk dalam negeri di Korea. Hal itu merupakan tindak lanjut dari Kerjasama Indonesia dan Korea yang telah ditandatangani di Gedung PBB, New York pada tanggal 16 Juni 2016.

Salah satu dari tindak lanjut tersebut yang secepatnya akan diwujudkan adalah Toko atau Cafe Kopi Indonesia di Korea. Kopi dipilih karena berdasar hasil penelitian, Korea sebagai negara yang membutuhkan kopi selama ini mengimpor kopi dari beberapa negara, termasuk Indonesia.

Ketiga Kota tersebut nantinya bisa sendiri-sendiri atau bersama-sama membuka cafe kopi di Korea. Untuk di Korea sendiri, rencana pengembangan usaha kopi akan difokuskan di kawasan Bojeoong – Dong Cafe Venue.

Menurut wali Kota Bandung Ridwan Kamil, saat ini cara berjualan itu bentuknya seperti etalase, tidak hanya bussines to bussines karena dari segi skala UKM merupakan skala kecil.

“Jadi sekarang kan cara jualan nya itu bentuk etalase tidak hanya bussines to bussines, karena UKM kan skalanya kecil jadi kita itu mau bikin showroom UKM di Korea, nanti maksudnya show roomnya itu bentuknya Cafe, bukan toko aja, karena hasil penelitian, warga korea itu hobi minum kopi,” ujarnya saat konferensi pers The 4th Asian SME Conference 2016 dan kerjasama Indonesia dan Korea di Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan, nantinya jika datang ke Korea, apapun namanya Kopinya merek Indonesia, Cafe Indonesia. Adapun dari jenis kopinya sendiri ada Kopi Preanger dari Bandung, Kopi Luwak dan lain-lain itu merupakan dari pilihan.

Jauh sebelum ini, dikatakan Ridwan, Kota Bandung telah menginisasi dan mempersiapkan jauh sebelumnya. Sesuai rencana Agustus nanti Bandung akan meresmikan Little Bandung di Malaysia. Konsep toko yang memamerkan dan menjual produk-produk asli Bandung.

“Kalau pak menteri baru akan mulai, kalau kita sudah terlebih dulu dan siap 100 persen, di Malaysia, bulan depan sudah saya resmikan Little Bandung, kalau itu all about Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, untuk kerjasama ini juga akan  diadakan pelatihan pengusaha-pengusaha UKM yang bergerak di usaha pembuatan Roti. Nantinya mereka akan dilatih untuk membuat roti yang memiliki cita rasa dan kualitas produk yang bisa menyamai kualitas roti Korea. Untuk pengembangan usaha roti ini, pihak Korea sudah meminta daerah/lokasi tempat pengembangan usaha, L-shop atau usaha investasi pengusaha Korea di Jakarta.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: