» » » Kompepar Siap Memediasi Persoalan Penutupan Obyek Wisata Citumang


SJO PANGANDARAN - Ketua Kompepar Kabupaten Pangandaran Edi Rusmiadi mengatakan pihaknya siap menjadi fasilitator untuk memediasi para pihak yang belum sepaham dalam tatakelola obyek wisata Citumang.

"Selama ini memang obyek wisata Citumang tidak dikelola murni oleh Perhutani, melainkan juga menggandeng karangtaruna dan organisasi pemandu,"jelasnya.

Edi menambahkan dari beberapa pertemuan dengan para pemangku kepentingan di Citumang yang difasilitasi pihak Pemkab Pangandaran, masih ada ego masing-masing pihak. Saling menyalahkan dan merasa pihaknya paling benar.

"Saya kira butuh dua sampai tiga pertemuan lagi hingga tercapai kesepakatan dan kesepahaman tata kelola wisata di Citumang,"katanya.

Dari pertemuan sebelumnya Edi melihat ada beberapa pihak yang belum terbuka ketika duduk bersama dan difasilitasi pihak Pemkab Pangandaran.

Untuk itu Edi kepada pemkab Pangandaran dirinya menyarankan pertemuan selanjutnya sebaiknya para pemangku kepentingan di Citumang difasilitasi oleh Kompepar Kabupaten Pangandaran.

"Saya yakin jika yang berembuk adalah para pihak pemangku kepentingan di Citumang yang difasilitasi Kompepar saya kira akan lebih saling terbuka sehingga terjadi kesepahaman dan kesepakatan semua pihak, agar persoalan penutupan obyek wisata Citumang tidak berlarut-larut,"ujarnya.

Namun tentunya pihaknya membutuhkan mandat dari pemkab Pangandaran kepada Kompepar untuk memfasilitasi peyelesaian persoalan tersebut, agar semua pemangku kepentingan di Citumang  dapat lebih terbuka untuk menyelesaikan persoalan yang kini sedang terjadi.

"Untuk ke depan saya berharap para pemangku kepentingan dapat bersatu dalam wadah Kompepar Citumang. Sehingga nantinya dapat satu visi satu misi dalam memajukan pariwisata khususnya di Obyek Wisata Citumang umumnya dalam kemajuan pariwisata Kabupaten Pangandaran,"pungkasnya. (wan)



«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: