» » Demi Pendidikan, Jabar Hibahkan Tanah Untuk UIN Jakarta

SJO JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghibahkan tanah seluas satu Hektar kepada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Hibah diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) kepada Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada saat acara Halal Bihalal di kampus tersebut, Jumat (15/07/16).

Gubernur Aher menyatakan, hibah tanah tersebut dilakukan semata-mata demi memajukan pendidikan di Indonesia dan bukti keberpihakannya terhadap pendidikan.

"Sebagaimana kami menghibahkan berhektar-hektar lahan ke ITB, IPB, Unpad dan kawasan-kawasan lain, saya juga harus menyatakan sikap disini demi kemajuan pendidikan di Indonesia maka tanah yang satu hektar ini saya hibahkan juga untuk UIN," katanya.

Walaupun UIN Syarif Hidayatullah secara administratif berada di wilayah DKI Jakarta namun teritorialnya berada di Provinsi Banten. Dimana sebelum tahun 2002, sebelum lahirnya Provinsi Banten, kampus tersebut  masuk di wilayah Jawa Barat, karena itu Pemprov Jabar memiliki aset tanah disitu.

"Tentu UIN saya tidak punya hak untuk membantu sekarang karena berbeda Provinsi tetapi sekali lagi saya tidak pernah ragu urusan pendidikan aset Jawa Barat yang satu hektar itu yang saat itu dipinjam pakaikan saya hibahkan," kata Aher.

Dia mengungkapkan, tidak pernah ada peradaban hebat dan maju tanpa insan-insan pendidikan, bila negara ingin maju maka pembangunan pendidikan lah yang harus diutamakan. Hal tersebut telah dia lakukan semenjak dirinya menjabat sebagai Gubernur Jabar. Di tahun pertamanya tahun 2008 pembangunan 300 Ruang Kelas Baru (RKB) telah dia lakukan. Tahun berikutnya hingga tahun 2010 pembangunan RKB dinaikkan menjadi 600 kelas. Kemudian di tahun 2011 hingga saat ini pembangunan RKB menjadi 6 ribu kelas pertahunnya.

"Kalau kita ingin maju pasti pendidikan yg dimajukan, oleh karena itulah waktu saya jadi Gubernur tiap tahun ada pembangunan RKB," ujarnya.

"Alhamdulillah kampus pun bertambah, kami punya dua Politeknik Negeri baru di Indramayu dan di Subang. Kami juga punya kampus baru Unsil di Tasik dan Unsika di Karawang, dan tahun ini kami membuat tiga lagi, ITB di Cirebon, IPB di Sukabumi dan Unpad di Pangandaran, mudah-mudahan ini bagian dari keberpihakan kita kepada pendidikan," tambah Aher.

Sementara itu Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Jabar atas hibah tersebut walaupun berbeda wilayah Provinsi. Ia berencana tanah hibah tersebut akan digunakan untuk perluasan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Insya Allah ini akan digunakan untuk perluasan kampus fakultas FISIP," ujarnya.(*)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: