» » » Demi Keselamatan, Warga Sidamulih Gelar Ritual


SJO PANGANDARAN - Warga Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, Senin (18/7/2016) menggelar sebuah ritual meminta keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pasalnya sejak Idul fitri 2016 ini ditempat tersebut telah terjadi beberapa kejadian kecelakaan di muara sungai Karangtitrta.

Ritual dipimpin Kartini juru kunci wilayah tersebut, dan dihadiri Camat Sidamulih,  Kepala Desa Sukaresik, ustad setempat, keluarga korban kecelakaan dan beberapa puluhan warga setempat.

Menurut Kartini, didaerah tersebut kerap terjadi kecelakaan di sekitar sungai Karangtitrta meski belum sampai merenggut korban jiwa.

"Sejak Idul fitri sudah enam orang hampir menemui ajalnya dilokasi tersebut. Padahal airnya sangat dangkal. Namun terkadang terjadi hal-hal diluar nalar manusia,"kata Kartini.

Dia mencontohka kejadian pada Minggu (17/7/2016)  kemarin. Desi Dwipurwati (11) puteri dari Purwanto (31) dan Arunia cahyani (8) puteri Kajat (40) warga Dusun Pasir muncang RW. 13 RT.1 Desa Sidamulih Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, hampir menjadi korban kecelakaan dimuara Sungai Karangtitrta yang berair dangkal.

Beruntung kedua korban berhasil diselamatkan oleh Sahidin (56) warga setempat dan saat ini masih dalam perawatan di Klinik Sandaan Desa Cibenda Kecamatan Parigi.

Konon kata Kartini, ada makhluk asral didaerah tersebut yang meminta tumbal tiga nyawa. Makhluk tersebut makin marah pasalnya sudah beberapa kali upaya mengambil nyawa korban tak satupun berhasil, karena rata-rata keburu tertolong oleh warga sekitar.

Sementara menurut Camat Sidamulih Erik Krisna Yudha, ritual ini hanya sarana masyarakat adat setempat yang intinya mohon kepada Allah swt agar diberikan keselamatan dan dijauhknan dari berbagai bencana.

"Upaya apapun akan kami lakukan untuk keselamatan warga termasuk menggelar ritual seperti ini,"pungkasnya.(wan)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: