» » Libatkan Masyarakat, MTsN Sangkanurip Gelar Pelatihan Komputer Gratis

SJO, KUNINGAN - Sebagai bagian dari kepedulian untuk memajukan pendidikan, selain pemerintah dan guru, juga adanya keterlibatan masyarakat. Hal ini didorong keinginan dan tekad yang tinggi dari seluruh civitas akademika MTsN Sangkanurip dalam melayani pendidikan kepada masyarakat di sekitar lingkungan madrasah.

Demikian dikatakan Drs. Nana Nuryatna, kepala MTsN Sangkanurip disela-sela mendampingi pelatihan komputer bagi anak-anak yang tinggal di sekitar madrasah, “kami sangat mengapresiasi atas terlaksananya pelatihan komputer gratis bagi anak-anak SD/MI yang tinggal di lingkungan madrasah, apalagi mendapatkan dukungan dari komite sekolah dan orang tua siswa, ini menjadi bahan semangat kami untuk mendorong agar membuat program nyata dan sebagai wujud dari peran serta masyarakat dalam meningkatkan pendidikan, khususnya di bidang komputer” ujar Nana, ketika ditemui dikantornya, senin (20/06)

Selain pelaksanaan pelatihan komputer, juga disediakan ruang saung baca bagi anak-anak yang ingin membaca secara gratis, ”sejak menjadi mitra USAID PRIORITAS, madrasah ini selalu berinovasi dalam meningkatkan kerjasama dengan melibatkan dengan berbagai pihak, salah satunya yaitu peran serta masyarakat atau PSM dalam mendukung pembelajaran” ujar Nana menambahkan.

Libatkan Komite Madrasah

Keberhasilan madrasah ini dalam menyelenggarakan komputer gratis bagi anak-anak ini tidak lepas dari dukungan penuh komite madrasah. Menurut Kamal, salah seorang anggota komite madrasah, bahwa untuk melaksanakan pengabdian masyarakat, salah satunya adalah dengan mengajak anak-anak untuk bisa menikmati pelatihan komputer ”agar pelatihan komputer terlaksana dengan baik, maka kami mensosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat, ternyata antusiasme mereka luar biasa” ungkap Kamal, ketika ditemui disela-sela kunjungan ke madrasah ini.

Ditambahkan Kamal, komite madrasah juga turut mendukung kemajuan madrasah dalam hal lain, salah satunya budaya baca, ”harus sedini mungkin agar budaya baca ini bisa diterapkan kepada anak-anak, karena budaya baca harus diselenggarakan dengan sungguh-sungguh, komite madrasah dan orang tua murid siap mensukseskan program USAID PRIORITAS, salah satunya dengan membuat saung baca” ujarnya.

Nur’alim, S.Pd, salah seorang guru yang juga instruktur pelatihan komputer menyatakan terima kasihnya atas dukungan komite madrasah, ”tentu saya apresiasi atas dukungan dari komite madrasah dan orang tua murid, tanpa mereka, pelatihan komputer kepada anak-anak ini tidak akan berjalan. Ke depan, kami juga akan menyelenggarakan pekan membaca madrasah, yang didalamnya ada lomba-lomba seperti membaca resensi, pemberian hadiah bagi yang membaca terbanyak dan menulis resensi” pungkasnya. [Ahmad Syaiful Bahri]

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: