» » » Kasus Tipikor Revitalisasi Pasar Maniis, di Vonis Satu Tahun Penjara dan Denda Rp. 50 Juta dan Pengganti Sebesar Rp. 92 Juta


SJO PURWAKARTA. Kepala seksi pidana khusus (kasi pidsus) kejari Purwakarta, Eko Tjahyono SH mengatakan empat terdakwa kasus tindak pidana korupsi revitalisasi pasar maniis dihukum satu tahun penjara dan denda Rp. 50 juta dan uang pengganti sebesar sekitar Rp. 92 juta oleh majelis hakim tipikor Bandung.

"Ke empat terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan telah melanggar pasal 3 UU No. 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi jo pasal 55 KUHP ayat satu ke satu, mereka adalah Dirut PT. Selaras, Taty K selaku kontraktor dan tiga pengurus koperasi palumbon jaya mandiri yakni Asep sunarwa, Arnano dan Asep Supriyatna." Ungkap Eko diruang kerjanya, kamis (30/6).

Eko Tjahyono, SH Kasi pidsus Kejari Purwakarta menjelaskan, dalam dakwaan jaksa keempat terdakwa didakwa melanggar pasal 2 dan 3 UU No. 31 tahun 1999 jo pasal 55 KUHP ayat satu kesatu dan dalam tuntutannya jaksa menuntut terdakwa 2 tahun penjara.

"Putusan hakim 1 tahun pidana penjara, denda dan uang pengganti serta barang bukti uang dalam penyidikan yang disita, besarannya sudah sesuai dengan kerugian negara sebesar Rp. 400 juta akibat konstruksi bangunan pasar palumbon tidak sesuai bestek." Jelasnya.

Menambahkan, bahwa, putusan tersebut sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

"Jaksa penuntut umum (JPU) dan Terdakwa menerima putusan tersebut dan tidak ada upaya hukum, tidak ada yang mengajukan banding. Kini keempat terdakwa sudah dieksekusi dan ditahan di Lapas Sukamiskin Bandung." Terang, Eko.

JPU Tidak mengajukan banding dan menerima putusan hakim, lanjut dia, karena sudah memenuhi rasa keadilan yakni pendekatan restorative justice.

"Justru negara malah diuntungkan karena uang negara sudah diselamatkan, kerugian negara sudah dikembalikan oleh terdakwa. penyelesaian perkara termasuk bagus, tidak berbelit-belit dan pihak terdakwa sudah membayar seluruh kerugian negara." Pungkas kasipidsus. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: