» » Kasdam III/Siliwangi Ajak Masyarakat Peduli Sungai Citarum


SJO BANDUNG - Pembersihan Sungai Citarum beserta anak sungainya terus dilakukan oleh seluruh prajurit Kodam III/Siliwangi. Sepanjang sungai dan anak sungai telah di bagi habis tanggungjawab pembersihan dan pemeliharaannya pada Koramil dan Babinsa yang berada di sepanjang sungai tersebut.  Tidak hanya upaya pembersihan yang dilakukan, tetapi upaya untuk menyadarkan masyarakat, dan para pemangku kepentingan agar peduli terhadap lingkungan Sungai Citarum.

Untuk memastikan semua upaya dan usaha berjalan sesuai apa yang di harapkan, sebagai Dan Satgas Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto yang juga didampingi Pejabat Utama Kodam III/Siliwangi meninjau salah satu lokasi karya bhakti di Sungai Citarum di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung, Jumat (17/6).
Peninjauan hasil pembersihan Sungai Citarum beserta anak sungainya dan sekaligus sosialisasi pada masyarakat, secara berkesinambungan dilakukan oleh Kasdam, juga oleh para Tim Was Anev yang di pimpin Oleh Irdam III/Siliwangi Kolonel Inf Mulyo Aji. Kodam III/Siliwangi secara serius mendukung dan membantu program Pemerintah daerah dalam mewujudkan “ Citarum Bestari” sebagai bentuk implementasi dari UU TNI No. 34 Tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Salah satu lokasi yang di tinjau Kasdam III/Siliwangi di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon mengecek pinggiran sungai citarum relatif sudah terlihat bersih. Itu semua merupakan hasil karya bakti para prajurit TNI Kodam III/Siliwangi bersama aparat setempat dan masyarakatnya,  dengan semangat pantang menyerah terus bekerja dan bekerja membersihkan aliran Sungai Citarum.

Kasdam menyempatkan bertemu dengan masyarakat pinggiran sungai dan mengajak untuk tidak peduli akan kebersihan, kelestarian dan keindahan sekitar lingkungan sungai “ Sebaiknya  tidak membuang sampah ke sungai, kumumpulkan sampah disatu tempat atau buang ketempat pengumpulan sampah yang telah disediakan” ujarnya.

Upaya mempercepat terwujudnya Citarum Bestari yang dilakukan Kodam III/Siliwangi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus dilakukan hingga Desember 2016. Kodam III/Siliwangi dengan berbagai upaya melakukan pembersihan sampah, menyadarkan masyarakat, juga menyadarkan semua pemangku kepentingan untuk turut  turun tangan dalam “Citarun Bestari”.

Tentunya program Citarum Bestari untuk memelihara dan menjaga keasrian sungai citarum dari hulu hingga hilir dari bentuk perusakan dan pencemaran dilakukan adalah juga demi kelangsungan hidup anak, cucu dan ekosistem biota sungai yang ada dialiran sungai citarum.(Pen)








«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: