» » » Terkesan Mendadak Ratusan PKL Kecewa Direlokasi Disinyalir Tempat Baru Rawan Premanisme


SJO PURWAKARTA - Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Baru Maracang akhirnya direlokasi ke Jalan KH.Mustofa Maracang, Minggu (17/4).
Relokasi tersebut dilakukan oleh petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Purwakarta, sejak Sabtu malam (16/4). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta sendiri beralasan merelokasi para PKL guna pengembangan kawasan Kecamatan Babakan Cikao dimana para pedagang sebelumnya berjualan.

“Kini jumlah pedagang yang direlokasi lebih dari 800 terus berkembang, di Jalan Baru sudah berjalan kurang lebih selama 6 tahun." Jelas Kasatpol PP Purwakarta, Saepudin. Minggu (17/4).

Ismaijar (49) PKL yang direlokasi mengatakan bahwa, merasa keberatan, lapaknya harus pindah ke tempat baru. Karena, sebelum tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan terlebih dahulu sehingga terkesan mendadak. Pasalnya.

Hal senada pun di ungkapkan, Supriyanto (48), mengaku kaget karena tiba-tiba dia bersama pedagang lainnya diminta pindah. Supriyanto tak tahu alasan mengapa dirinya harus pindah.

“Mendadak gini, tidak ada pemberitahuan sebelumnya,” ungkap Supri.

Selain terksesan mendadak di tempat baru pedagang juga mengaku dipungut sejumlah uang untuk alasan keamanan dan pemugaran tempat. Mulai dari biaya kebersihan, keamanan hingga untuk beli cat baru.

“Selain tidak adanya sosialisasi sebelumnya, relokasi ke tempat baru juga rawan premanisme, belum apa-apa kita diharuskan membayar Rp60 ribu yang dikwitansi tertulis hanya Rp50 ribu, alasannya untuk uang koordinasi dan cat,” kata Heru (35) pedagang lainnya.

Soal itu, Kasatpol PP menjelaskan bahwa, bayaran yang diminta kepada pedagang sifatnya tidak wajib dan bisa disebut partisipasi. Dia tidak tahu betul kalau relokasi ke tempat baru ada pungutan retribusi.

“Kemungkinan hal itu dipungut sesuai dengan kemampuan pedagang bentuknya partisipasi, atau awalnya sudah ada kesepakatan dengan para pedagang." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: