» » » » Memasuki Hari Jadi Ke-63 Dinas Sejarah TNI AD, Ditengah Derasnya Arus Informasi Di Era Global dan Sebagai Motivasi Daya Juang Prajurit


Foto : Brigjen TNI Hadi Kusnan menjadi salah satu pendonor dalam kegiatan rangkaian Peringatan hari jadi Disjarahad ke -63 di Markas Disjarahad, Jalan Belitung No.6, Bandung, Kamis (7/4) pagi. Peringatan puncak yang jatuh pada 15 April nanti akan melibatkan 1.000 orang dari berbagai elemen di Kota Bandung.(Don)

SJO BANDUNG - Hanya hitungan hari, Dinas Sejarah TNI AD (Disjarahad)  akan memasuki usianya yang ke 63. Sebagai Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI AD dan merupakan Staff Khusus Kasad yang membidangi kesejarahan. Disjarahad dibentuk pertama kali pada 15 April 1953 dan pada tahun 80-an mengalami likuidasi sehingga harus bergabung dengan Disbintalad.


Guna memotivasi daya juang prajurit pada 5 November 2008, Disjarahad kembali berdiri terpisah dari Disbintalad. Tugasnya juga termasuk penting berpedoman kepada 5 pilar komponen kesejarahan meliputi ; Dokumen, Penulisan, Perpustakaan, Museum, Monumen dan Tradisi (Monstra).

"Tugas bidang kesejarahan, bukanlah pekerjaan yang ringan mengingat derasnya arus informasi di era global ini berdampak pada perubahan sikap dan perilaku prajurit, PNS dan keluarga. Salah satu dampak buruknya adalah menurunnya rasa nasionalisme dan cinta pada tanah air" Petik Kadisjarahad Brigjen TNI Hadi Kusnan.


Lanjut Jenderal bintang satu itu "Oleh karenanya peran Disjarahad sebagai sumber informasi yang dapat mengingatkan dan pembinaan pemahaman tentang nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa, yang diharapkan mampu menginspirasi kepada kita semua. Agar selalu bersatu setia kepada NKRI, cinta tanah air, percaya dengan kekuatan sendiri, serta memiliki semangat militansi dan pantang menyerah dalam menjaga kedaulatan keutuhan wilayah NKRI dan menjamin kedamaian, keselamatan bangsa Indonesia" tuturnya.

Rangkaian peringatan digelar di Markas Disjarahad, Jalan Belitung No.6, Bandung, Kamis (7/4) pagi. Donor darah terselenggara bekerjasama dengan PMI Kota Bandung dan diikuti personil Disjarahad, pemerintahan daerah dan ormas serta satuan TNI AD di wilayah Garnisun Bandung - Cimahi.

Hadi Kusnan adalah abituren '83 dan sebelumnya menjabat sebagai Kasdam IX/Udayana, pengalaman dalam bidang teritorial membuat Kusnan mudah akrab dan luwes menghadapi wartawan.(Don)




«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: