» » » » Festival Pesona Wisata Gunung Galunggung 2016 Digelar Dua Hari 9 - 10 April


Foto : Pertama Kali Kementrian Pariwisata Dukung Festival Pesona Wisata Gunung Galunggung.(Dwi)

SJO TASIKMALAYA - Istighosah tandai dibukanya "Festival Pesona Wisata Gunung Galunggung 2016" di lapangan Cipanas, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (9/4) pagi. Pelaksanaan Festival melibatkan Gebyar Citra Wisata Gunung Galunggung 2016, beberapa Komunitas ikut meramaikan festival tahunan tersebut ; Komunitas sepeda Ontel, JEEP, Paralayang/Gantole, Sanggar Seni, Teater, Perhutani, Jasa Rahaja, BUMN/BUMD, Sekolah, MUI. Acara digelar hari ini dan besok, Minggu (10 April 2016).


Foto : Kadispar Kabupaten Tasik Nazmudin Aziz (Kanan).

"Agenda tahunan gebyar pesona galunggung dilaksanakan setiap tanggal 9 - 10 April, tanggaldimana 34 tahun lalu Gunung Galunggung meletus" Ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Nazmudin Aziz kepada Seputarjabar.com.

Murkanya Gunung Galunggung pada 1982 meluluhlantakan 3 kecamatan yang berada di sekitar kawasan gunung berapi itu, Erupsi terakhir terjadi pada 1994. Namun dibalik bencana letusan, menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar, sumber air panas yang melimpah menjadi objek wisata yang seksi bagi turis domestik maupun mancanegara.

Dinas Pariwisata kabupaten memberi apresiasi kepada Kementrian Pariwisata (Kemenpar) yang telah bersedia mendukung untuk pertama kali hingga terselenggara tahun ini.

"Kementrian Pariwisata tahun ini ada perhatian berupa program Galunggung. Artinya ada kegiatan yang dilaksanakan oleh warga. Kalau kita sendiri tanpa bantuan dari pusat kita kurang mampu, apalagi dengan biaya yang minim. Alhamdulillah ada bantuan juga berupa kaos, umbul-umbul" Pungkasnya.

Lanjutnya  "Semua instansi bisa membangun dan membantu kelangsungan pariwisata dengan cara mencintai potensi Galunggung. Dukungan berupa promosi wisata dari pemerintah pusat" harapnya.


Berikut Demografi wilayah berdasarkan data Kementrian Pariwisata : 

Tasikmalaya memiliki sebutan "Sang Mutiara dari Priangan Timur". Kabupaten Tasikmalaya mempunyai luas wilayah sebesar 2.708,81 km2 atau 270.881 ha, secara administratif terdiri dari 39 Kecamatan, 351 desa.Tiga kecamatan merupakan kecamatan yang mempunyai wilayah pesisir dan lautan yaitu Kecamatan Cikalong, Cipatujah dan Karangnunggal, dengan panjang garis pantai 56 km.
Wilayah Kabupaten Tasikmalaya memiliki ketinggian berkisar antara 0 – 2.500 meter di atas permukaan laut (dpl). Secara umum wilayah tersebut dapat dibedakan menurut ketinggiannya, yaitu : bagian Utara merupakan wilayah dataran tinggi dan bagian Selatan merupakan wilayah dataran rendah dengan ketinggian berkisar antara 0 – 100 meter dpl.

Melalui dukungan Kemenpar diharapkan Prospek pengembangan pariwisata dan pelestarian nilai-nilai budaya daerah Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, hal ini sejalan dengan kekayaan panorama alam yang terbentang seluas wilayah Kabupaten Tasikmalaya baik berupa pegunungan kelautan sungai maupun kontur tanah yang cukup baik untuk berbagai aktivitas alam. Untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya khususnya wisata Galunggung,

Galunggung memiliki potensi kekayaan alam yang sangat luar biasa

Mempromosikan objek wisata Cipanas Galunggung

Galunggung adalah prioritas utama dalam rangka pengembangan objek wisata yang ada di Tasikmalaya

Membuka peluang bagi investor untuk menginvestasikan modalnya di objek wisata Gunung Galunggung. Baik berupa pengembangan wisata kuliner, jasa maupun pembangunan tempat penginapan.

1.  Terpromosikannya potensi obyek dan daya tarik kawasan Wisata Galunggung Kabupaten Tasikmalaya sebagai salah satu potensi obyek dan daya tarik wisata unggulan;

2.  Meningkatkan potensi apresiasi dan kreasi masyarakat melalui karya seni, kuliner dan pengembangan kemitraan dalam menunjang peningkatan ekonomi kreatif;

3.  Meningkatkan frekuensi event pariwisata yang diharapkan mampu mendorong peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tasikmalaya;

4.  Keterpaduan sinergitas Program Lintas Sektoral dalam menunjang pengembangan pariwisata dan budaya di Kabupaten Tasikmalaya.(Dwi)




«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: