» » » Distanhutbun Purwakarta Canangkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan


"Foto ilustrasi"

SJO PURWAKARTA - Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Purwakarta. Canangkan memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur, untuk ditanami tanaman kebutuhan keluarga. "Seperti tanaman hortikultur."

Ir.Agus R Suherlan,MM, Kepala Distanhutbun Kabupaten Purwakarta, mengatakan, bahwa  pemerintah akan selalu melibatkan rumah tangga dalam mewujudkan kemandirian pangan perlu diaktualisasikan dalam menggerakkan lagi budaya menanam di lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di pedesaan. jelasnya, Kamis (31/1)

Agus, menambahkan, konsep, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini, adalah prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan "Besar manfaat yang akan didapat selain untuk kebutuhan pangan sehari hari juga, hortikultura dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pembangunan ketahanan pangan di Indonesia." Tambah Agus di ruang kerjanya, Kamis (31/3).

Sehingga apa ditegaskan dalam Undang Undang Pangan Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan, yang secara spesifik mengatur bahwa pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap ketersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya. Pasalnya.

Menurutnya, Lahan pekarangan memiliki fungsi multiguna, karena dari lahan yang relative sempit dapat menghasilkan bahan pangan seperti umbi-umbian, sayur, buah-buahan; bahan tanaman rempah dan obat, serta bahan pangan hewani yang berasal dari unggas, ternak kecil maupun ikan. Jelasnya.

Sementara, banyak manfaat yang akan diperolah dari pengelolaan pekarangan antara lain dapat: memenuhi kebutuhan konsumsi dan gizi keluarga, menghemat pengeluaran, dan juga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: