» » » Wabup Karawang H Ahmad Zamakhsyari, S.Ag Buka Porseni Anak Raudhatul Athfal Se-Kabupaten Karawang Tahun 2016


SJO KARAWANG - Dalam rangka membiasakan dan menanamkan rasa percaya diri dan memiliki karakter keislaman yang kuat  pada anak usia dini, maka Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Karawang menyelenggarakan Lomba Pekan Olahraga dan Seni (PORSNI) Anak RA Se-Kabupaten Karawang Tahun 2016, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, S.Ag pada Senin (7/3) yang bertempat di Halaman Karawang Centra Plaza.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, S.Ag menyampaikan bahwa, penyelenggaraan PORSENI ini, merupakan titik awal untuk membina tehnik dan metode yang dapat menunjang perkembangan dan kemajuan olahraga di Kabupaten Karawang. Melalui porseni ini, harus ditunjukan wujud nyata betapa penting olahraga dan kesenian dalam rangka mendukung proses pembangunan disemua bidang.

Selanjutnya Wakil Bupati Karawang berharap bahwa, kegiatan ini dapat melahirkan generasi yang bertanggung jawab dan berakhlakul karimah, dengan saling bahu membahu antara pengurus IGRA dan Kemenag berasama pemerintah daerah Kabupaten Karawang agar menjadikan karawang yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

Raudatul athfa merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama. Hal ini sejalan dengan amanat undang-undang tentang sistem pendidikan nasional UU Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Anak usia dini adalah anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 7). Usia dini merupakan usia di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

IGRA dan Kemenag harus  besinergi dengan baik serta menjadi garda terdepan dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang berlandaskan keagamaan dimasa yang akan datang, dengan perpaduan konsep zaman dahulu dengan konsep baru, seperti kegiatan menyambut tahun baru Islam dengan perlombaan pukul bedug seluruh perwakilan se-kabupaten Karawang.

Sejalan dengan hal tersebut sambutan Ketua Pimpinan Wilayah IGRA Jawa Barat Dra. H. Siti Latipah, M.Pd.I menyampaikan bahwa, kegiatan ini diselenggarakan di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat, dan juara 1 dari tiap kabupaten/kota akan dikirimkan menjadi perwakilan ke PORSENI RA Tingkat Provinsi.

IGRA sendiri menjadi mitra Kemenag, dengan IGRA mempunyai landasan dasar vertikal dan horizontal. Secara horizontal artinya bisa bekerja sama dengan siapapun baik Kemenag maupun pemerintah daerah. Sehingga menjadikan sinergi yang kuat dengan semua pihak.

Pada pembukaan PORSENI kali ini selain dihadiri oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, juga dihadiri Kepala Kemenag Kab. Karawang H. Sopian S.Pd.I., M.Si, Ketua Pimpinan Wilayah IGRA Provinsi Jawa Barat Dra. Hj. Siti Latipah, M.Pd.I, Ketua Pimpinan Daerah IGRA Kabupaten Karawang, Camat Telukjambe Timur, perwakilan dari Polres dan  Kodim 0604 Karawang, para pejabat di lingkungan kemenag kabupaten Karawang.

Sementara Ketua Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan ini didasarkan pada program kerja PD. IGRA Kab. Karawang tahun 2015-2016 dan Hasil Rapat pengurus PD. IGRA Kab. Karawang tanggal 18 November 2015 di sekertariat warung bambu dengan peserta seluruh siswa siswi Raudhatul Athfal se-kabupaten Karawang.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 7 - 8 Maret 2016 yang bertempat di Halaman Karawang Centra Plaza dan Techno Mart, adapun kegiatan yang dilombakan antara lain Mars RA, Senam Ceria Anak Indonesia, Tari Kreasi Guru, Hafalan do’a, Puitisasi Al-Qur’an, Praktek Sholat dan lari Estafet. (AMunajat/DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: