» » » » Panitia Kenalkan Bentuk Obor PON 2016

SJO, BANDUNG-Panitia Pekan Olahraga Nasional (PON)XIX 2016 Jawa Barat, mulai memperkenalkan bentuk obor PON yang akan dipakai dalam kirab Api PON meski baru prototipe.

Kepala Bidang Upacara PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar, Nunung Sobari mengatakan,  bentuk obor yang akan digunakan dalam kirab nanti memiliki filosofi bagi masyarakat Jawa Barat.

“Obor yang akan digunakan sudah ada modelnya untuk selanjutnya akan disempurnakan dan akan kita buat secara massal,” ucapnya.

Nunung menegaskan, obor yang akan digunakan dalam PON XIX 2016 Jawa Barat, merupakan hasil rancangan dan kreativitas masyarakat Jabar,  dengan tinggi 70 centimeter dan berat dua kilogram.

"Obor yang akan kita pakai merupakan hasil karya seniman asal Jabar, sehingga kita tidak perlu memesan obor dari luar negeri seperti pada pelaksanaan PON sebelumnya,” katanya.

Menurut Nunung, obor yang akan dibuat cukup unik dengan bagian atas obor dibuat dari kuningan dengan menampilkan motif batik "Kawung Ece" dari Kabupaten Garut dengan logo PON XIX/2016 yakni Kujang.

“Agar lebih memiliki nilai alami, untuk bagian bawah obor kita menggunakan 'kayu ruyung" yakni kayu dari ponon kawung atau enau,” tuturnya. (rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: