» » FH Unpad & Mahupiki Gelar Seminar Menyikapi RUU KUHP

SJO BANDUNG - Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung bekerjasama dengan Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki) menggelar seminar nasional yang mengkaji pembahasan RUU KUHP.

Seminar tersebut, rencana awal akan menghadirkan beberapa pakar hukum sebagai pembicara. Seperti  prof. Muladi, Barda Nawawi Arief, Komariah  E. Sapardjaja, Romli Atmasasmita, Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol.  H.M. Tito Karnavian, anggota Komisi III DPR RI, Benny K. Harman dan Jaksa Muda Pidana Umum Kejaksaan Agung RI. Seminar sendiri akan menghadirkan Keynote Speaker (pembicara utama), Ketua Mahkamah Agung, H. Muhammad Hatta Ali. namun, beberapa pembicara terlihat tak hadir dalam semnar tersebut.

Mengingat Pembahasan RUU KUHP saat ini telah masuk Lembaga Legislatif dimana dijadwalkan Buku I akan selesai dibahas pada pertengahan 2016, maka seminar ini perlu diadakan dalam rangka memberikan masukan dan pandangan dari MAHUPIKI kepada Legislatif dan Pemerintah terhadap RKUHP,

Penyelenggaraan seminar dilatarbelakangi juga bahwa para akademisi dan praktisi sebagai pelaksana dari ketentuan RUU-KUHP memiliki kepentingan untuk memahami dan mengetahui sejauh mana RUU-KUHP memberikan dampak bagi perkembangan hukum pidana, khususnya praktik penegakan hukum pidana.

Pandangan dan masukan dari akademisi dan praktisi hukum pidana sangat dibutuhkan untuk bisa meninjau apakah RUU-KUHP mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat mewujudkan ketertiban, kepastian dan keadilan bagi masyarakat. (Ril/Vio)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: