» » » Di Purwakarta Ibu Hamil Gelar Mitos Gerhana Matahari


SJO PURWAKARTA - Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT), oleh sebagian masyarakat Purwakarta, masih dikaitkan dengan mitos Ibu hamil yang harus bersembunyi di bawah tempat tidur. "Salah satunya dilakukan oleh seorang ibu hamil, warga Malang Nengah Wetan Kelurahan Nagri Tengah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan Kemunculannya Gerhana Matahari, tidak hanya menjadi pusat perhatian para peneliti, maupun warga yang ingin melihat langsung fenomena alam ini, namun ada sebagian warga yang masih memegang kepercayaan terhadap mitos. "Kemuculan gerhana matahari bagi para ibu hamil, harus bersembunyi dibawah kolong tempat tidur didalam rumahnya."

Tradisi mitos ini, apabila di langgar, menurut Kasri seorang ibu yang sedang hamil 5 bulan ini, warga Malang Nengah Wetan Kelurahan Nagri Tengah Kabupaten Purwakarta, konon katanya, bisa menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan, seperti perubahan warna kulit saat bayi lahir.

"Apabila melanggar mitos tersebut. Apalagi kalau ibu hamil melihat langsung atau keluar rumah disaat gerhana matahari. Jelasnya kepada seputarjabar.com, Rabu (9/3).

Sementara Kasri dan suaminya Deni Ramdan, sengaja menjalankan tradisi mitos leluhur ini, karena khawatir mitos ini menjadi sebuah kenyataan. Sehingga mereka tetap menjalankan mitos ini, meski zaman telah modern.

"Namun, tradisi mitos ini, sudah mulai luntur di gelar masyarakat." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: