» » » Arsiparis Gelar Sering Kearsipan Se Wilayah IV Di Diorama Arsip Purwakarta


SJO PURWAKARTA - Diorama arsip yang dimiliki pemeritah kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, jadi tempat sering, oleh Lembaga Badan kearsipan Provinsi Jawa Barat. "Sering ini akan berjalan selama 2 hari, guna mensosialisasikan kearsipan sebagai layanan informasi kearsipan daerah kepada masyarakat."

Sering layanan kearsipan ini, bertempat di Diorama Arsip Bale Panyawangan, di jalan Kolonel Kornel Singawinata, se wilayah IV yakni, Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi. "Karena Kearsipan Di kabupaten Purwakarta, patut menjadi percontohan bagi  Lembaga kearsiapan Daerah. Jadi sangatlah tepat, bilamana kearsipan purwakarta menjadi tempat sering dalam bentuk layanan Informasi kearsipan untuk wilayah IV." Jelas Deni Heriawan Arsiparis Provinsi Jabar. Selasa (29/3)

Untuk itu, kita harus melihat dari segi model pembangunan, penyimpanan dan pengelolaan arsip. Agar aspek layanan kearsipan dapat ditampilkan, untuk menghimpun arsip mulai dari sejarah kerajaan di Indonesia, masa prakemerdekaan, perang kemerdekaan, pasca kemerdekaan hingga Indonesia masa kini. Juga menyimpan arsip seni-budaya daerah yang bisa ditampilkan secara audio dan visual. Tambahnya.

Dra. Ida Farida,Msi, Kepala Badan Lembaga kearsipan Kota Bekasi Mengakuinya, bahwa kearsipan kabupaten Purwakarta sangatlah dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Karena, kearsipan Purwakarta sudah digital secara visual.
"Jadi arsip itu tidak diartikan seonggah kertas yang tersimpan saja, tetapi kearsipan juga harus bisa menyampaikannya secara visual secara digital seperti halnya di Diorama arsip Kabupaten Purwakarta." Pasalnya.

Nina maenawati kepala kearsipan Kabupaten Purwakarta menambahkan, bahwa kearsipan harus menjadi ajang wisata arsip dan pendidikan buat anaik-.anak pelajar dan mahasiswa hingga masyarakat umum. "Agar segi pengetahuan serta wawasan tentang kearsipan daerah dapat tersampaikan dengan mudah." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: