» » Tingkatkan APK, Jabar Kerjasama Dengan ITB


SJO KOTA BANDUNG -- Pendidikan adalah salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sunguh-sungguh dari semua pihak. Sebab, pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa pada masa depan.

Jawa Barat memiliki lima universitas negeri dinilai tidak seimbang dengan penduduknya yang berjumlah sekitar 46 juta jiwa. Dengan perbandingan jumlah penduduk dan universitas yang ada, APK (angka partisipasi kasar) masyarakat untuk kuliah di perguruan tinggi di Jawa Barat dinilai sangat rendah dibanding dengan provinsi lain di Indonesia.

Hal tersebut yang mendorong Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) untuk bekerjasama dengan berbagai universitas negeri di Jawa Barat terkait dengan pengembangan universitas luar domisili. ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan salah satu universitas yang melaksanakan kerjasama itu.

”Kita akan terus melakukan kerjasama terkait pengembangan pendidikan tinggi di Jawa Barat, dalam rangka peningkatan APK ya, angka partsipasi perguruan tinggi. Insya Allah dengan banyak hadirnya sekolah sekolah negeri, kampus-kampus perguruan tinggi negeri, akan menaikan angka partisipasi di Jawa Barat,” ujar Aher usai rapat bersama rektor ITB dan jajarannya di Gedung Negara Pakuan - Kota Bandung pada Selasa (16/02/16)

Dia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya kerjasama sudah dilakukan dengan ITB yaitu kerjasama di kampus ITB Jatinangor, dan kedepan nya akan diadakan kerjasama lagi untuk pengembangan kampus di Bekasi dan Cirebon.

Terkait lahan aher mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyediakan lahan untuk pembangunan kampus ITB di Bekasi dan Cirebon.

“Lahan yang Cirebon sudah ada 18 hektare akan kita hibahkan ke Kementerian Ristek Dikti, selanjutnya dari ristek dikti nanti akan memberikan hak pengelolaan kepada ITB, dan di Bekasi juga Alhamdulillah kabupaten Bekasi akan menghibahkan 40 hektare,” kata Aher.(Ris)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: