» » » Siswa SMK Bina Taruna Ciptakan Inovasi Mesin Penghancur Sampah


SJO PURWAKARTA. Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Taruna Purwakarta Jawa Barat, berhasil menciptakan Inovasi mesin penghancur sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik. "Mesin penghancur sampah ini, hasil buah tangan para siswa SMK Bina Taruna, bisa memecahkan permasalahan polusi sampah yang kian menumpuk."

Menurut, Herda Ardianda Salah satu siswa SMK Bina Taruna, mengatakan, di bengkel Teknik Permesinan ini, awal terlahirnya inovasi mesin penghancur sampah, dengan komponen mesin yang terbilang sederhana. Jelasnya. Rabu (24/2)

Uus Kusumahnegara, Kepala Sekolah SMK Bina Taruna Menjelaskan bahwa, terciptanya hasil karya anak bangsa ini, dilandasi oleh sebuah keinginan para siswa, untuk turut andil dalam meminimalisir tumpukan sampah yang banyak di permasalahkan di sejumlah daerah. "Seperti halnya sampah - sampah plastik atau sampah non organik." Jelasnya. Rabu (24/2)

Dengan mesin penghancur sampah ini, setidaknya jumlah Volume sampah bisa berkurang, karena sampah organik yang telah dihancurkan, bisa di manfaatkan sebagai kompos begitupun sampah non organik seperti plastik, bila dihancurkan ke mesin tersebut bisa di daur ulang kembali, melalui kerjasama dengan pabrik pengolah plastik. Tambah Kepsek SMK Bina Taruna kepada seputarjabar.com.

Meski dalam proses pembuatan mesin penghancur sampah ini, beberapa kali mengalami kendala, dalam mengoprasikan mesin penghancur, tetapi semangat para siswa dibawah bimbingan pengajar, akhirnya berhasil menciptakan inovasi yang bermanfaat.

"Namun, mesin penghancur ini, belum dikembangkan untuk di pasarkan ke masyarakat." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: