» » » GAWAT !! Sejumlah Pohon Di Lingkungan Pemkab Bandung Rawan Tumbang

Foto : Sebuah Pohon Palem tampak rubuh. (Istimewa/Chandra)

SJO KAB.BANDUNG -  Sejumlah pohon palem berukuran besar yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bandung dinilai membahayakan.
Sebab, kondisi sejumlah pohon palem yang masih berdiri dalam keadaan kering dan tampak tidak terawat. Hal itu diutarakan salah satu warga Soreang yang menolak namanya dimediakan, Narasumber mengaku sangat riskan dengan kondisi pohon yang kapan saja dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang.

Salah satu bukti bahaya pohon tersebut, Lanjut Dia, dengan kejadian salah satu pohon palem yang tiba-tiba tumbang di depan kantor bidang perpustakaan Bapapsi kab. Bandung yang terjadi pada pertengahan desember 2015 dan membuat dua orang pengendara sepeda motor yang sedang melintas mengalami luka cukup serius pada bagian kepala. Namun tidak diketahui bagaimana kondisi terakhir 2 orang yang menjadi korban tersebut.

Ia menambakan, ada beberapa pohon yang terlihat kokoh dari luar, namun didalamnya sudah menjadi sarang semut. "Bisa di bayangkan, pohon palem yang berukuran besar itu dapat roboh kapan saja dan bukan tidak mungkin dapat mengancam jiwa manusia,"tutur nya. Selasa, (9/2/2016) sambil meraba salah satu pohon palem yang kering.

Di waktu terpisah, Hal senada juga pernah disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) kab. Bandung, Usman Sayogi, ia mengaku jengkel karena kondisi beberapa pohon dinilai cukup membahayakan.

Ia menegaskan, seharusnya dinas terkait yang mempunyai kewenangan segera mengambil tindakan.

"Selain pohon palem ada beberapa pohon lain nya yang dapat mengancam keselamatan seseorang, contohnya pohon besar yang berada didepan kantor BKPP dengan ketinggian sekitar 30 meter, tampak kering dan kemungkinan besar dapat tumbang kapan saja, terlebih pada saat ada angin besar,"tuturnya.

Disamping itu ia berpesan, "jika yang mempunyai kewenangan diam saja, biar kami Satpol PP yang melakukan penebangan daripada harus membahayakan keselamatan warga masyarakat"Tandasnya. minggu,(7/2/2016).

Kepala Dinas Perumahan, Penataan Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) kab. Bandung, Erwin Rinaldi sebelumnya sempat menjelaskan jika pohon yang diberi cat adalah kewengan Dinas Bina Marga kab. Bandung.

Yang diduga artinya, pohon yang tidak diberi cat adalah kewenangan bidang pertamanan. Belum lama ini, Erwin sempat menyampaikan akan melakukan pembenahan dengan memperintahkan anak buahnya dari bidang pertamanan untuk melakukan pembenahan.(Chandra/Don)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: