» » TAHUN IN UNPAD GRATISKAN BIAYA KULIAH KHUSUS DI FAKULTAS KEDOKTERAN


SJO BANDUNG - Saat ini, biaya kuliah di Fakultas kedokteran memang mahal. Sedikitnya, membutuhkan biaya sekitar 13 juta rupiah per semesternya biaya yang musti dikeluarkan mahasiswa untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran Unpad. Tak heran, anak yang mampu secara akademis tidak mampu membayar biaya kuliah di fakultas kedokteran

Namun, 2016 ini Universitas Paddjadjaran membuat sebuah terobosan baru. UNPAD gratiskan seluruh biaya kuliah di fakultas kedokteran hingga beres bagi 250 calon mahasiswa di 2016 ini.

“2016, bagi yang ingin mendaftar kuliah di Fakultas Kedokteran tak perlu cemas akan biaya. Semua GRATIS. Tapi syarat ketentuan berlaku” tutur Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (25/01).

Syarat ketentuan tersebut, diklaim oleh Rektor akan membawa perubahan positif khususnya bagi jawa barat. Pertama, dari segi distribusi Tenaga Dokter di pelosok. Seperti diketahui, saat ini daerah pelosok masih kekurangan tenaga kesehatan. Nantinya, setiap mahasiswa yang berkuliah akan secara langsung mendapat penempatan di daerah-daerah guna memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di pelosok.

Lanjut tri menjelaskan, program inipun mendukung program BPJS yang baru-baru ini bergulir. Di Kota besar pun, banyak pasien menganteri dilayani dokter, khususnya dokter spesialis. Maka dari itu, tenaga dokter perlu ditambah agar hal seperti itu tidak menjadi pemandangan di tengah kota besar lagi.

Tahun ini, dibuka juga prodi baru, yakni prodi kedokteran Hewan. Menurutnya, tenaga dokter hewan memang perlu ditambah khususnya di Jawa Barat. Seperti contohnya, setiap tahun rutin diadakan pemeriksaan Hewan untuk Idul Adha, tiap tahun selalu kekurangan tenaga dokter .

Lalu, darimana sumber dana apabila seluruh mahasiswa digratiskan?

Sumber biaya akan full dicarikan oleh Institusi, artinya setiap mahasiswa selain dari beasiswa-beasiswa, banyak Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten menanamkan Investasi sumber daya manusia. Misalnya, daerah kuningan menginvestasikan untuk 4 orang, maka nantinya lulusan fakultas kedokteran ini akan ditempatkan di kuningan sebanyak 4 orang, namun tak mesti untuk orang kuningan.

Terakhir, Rektor Unpad berpesan, bagi para calon mahasiswa yang mampu dan tak ingin ditempatkan, jangan mendaftar ke Fakultas Kedokteran Unpad. Pasalnya, mulai tahun ini dan kedepannya akan diberlakukan sistem seperti ini.

“saya yakin, lulusan Fakultas Kedokteran nantinya akan mengutamakan sikap pengabdian pada masyarakatnya dengan diadakannya terobosan ini” tambah Dekan FK Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., Sp.F., DFM.

Kedepannya, yang menjadi target diberlakukan program GRATIS ini adalah Fakultas Farmasi.(Vio)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: