» » » Peran Aktif Masyarakat Penting Untuk Cegah Peredaran Narkoba


SJO KARAWANG - Dari tahun ketahun penyalahgunaan narkoba semakin meningkat di Indonesia. Untuk itu perlu peran serta masyarakat, termasuk lingkungan sekolah untuk turut mengawasi agar penggunaan barang haram tersebut terutama oleh kalangan anak muda bisa terhindar.

Pasalnya, sekolah merupakan salah satu lahan empuk bagi pengedar, karena siswa tergolong sangat mudah dipengaruhi untuk mencoba sesuatu yang belum pernah dicicipi.

Upaya Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) juga terus dilakukan oleh tim Badan Narkotika Nasional Karawang akhir-akhir ini. Hal itu diungkapkan Kepala seksi pencegahan BNNK Karawang Puspita Wulansari, S.H.

"Masalah penanganan narkoba ini bukan hanya urusan BNN, tapi semua pihak harus terlibat karena ini sudah menjadi permasalahan serius termasuk jangan sampai menyentuh para kaula muda khususnya pelajar," katanya.

Menurutnya, maraknya peredaran narkoba berbagai jenis harus bisa diwaspadai terutama bagi orang tua murid dan bagi para pelajar. Jangan sampai mencoba atau menjadi konsumen aktif narkoba karena akan menyebabkan kecanduan dan yang paling utama adalah merusak tubuh dan tentunya masa depan.

Bahkan, kata dia, tidak sedikit juga konsumen aktif narkoba sampai meninggal dunia. Untuk itu khusunya di sekolah kata dia, peran guru memegang peranan sangat penting untuk melakukan pengawasan kepada seluruh murid didiknya dan di rumah serta lingkungan pergaulan, peran orang tua murid adalah yang paling utama sebagai benteng penghalang agar anak – anak atau generasi penerus bangsa tidak terjerumus ke dalam dunia narkoba.

"Untuk sosialisai ke pelajar juga sudah sering kita lakukan ke sekolah-sekolah,agar mereka mengetahui banyak tentang bahaya mengkonsumsi narkoba," katanya.

Termasuk lanjut dia, sosialisai tentang bahaya narkoba juga terus dilakukan kepada semua elemen masyarakat di Karawang dan hasilnya dalam satu tahun terakhir bisa mengurangi tingkat pengguna narkoba di Karawang.

"Tingkat Jabar tahun 2014 awalnya Karawang rangking dua ,dan sekarang rangking 5 di Tahun 2015," pungkasnya.(ENS)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: