» » Launching Festival Pesona Tambora 2016


SJO JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tgh. M. Zainal Majdi me-launching Festival Pesona Tambora (FPT) 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (11/1). Penyelenggaraan event tahunan tersebut akan berlangsung pada 11-16 April mendatang di NTB dan menjadi momentum untuk memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima NTB yang menghebohkan dunia pada 200 tahun silam.

Menpar  Arief Yahya menyambut baik diselenggarakan FPT 2016  dengan mengambil momentum peringatan dahsyatnya letusan  Gunung Tambora yang sempat menjadi perhatian masyarakat dunia. “Gunung Tambora dan Rinjani di NTB  bagian dari Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Penyelenggaraan festival ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia serta mendorong perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) yang tahun ini ditargetkan sebanyak 12 juta wisman dan 260 juta perjalanan wisnus,” kata Menpar Arief Yahya  didampingi Gubernur M. Zainal Majdi dan Pemred
Harian Kompas Budiman Tanureja dalam jumpa pers persiapan FPT 2016.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, posisi pariwisata NTB kini semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai The World’s Best Halal dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini.

“Dengan prestasi ini sudah selayaknya kalau NTB mengedepankan tema halal atau friendly tourism sebagai
destination branding  untuk mendukung contry branding Wonderful Indonesia yang kini telah mendunia. Popularitas Wonderful Indonesia kini
berada di ranking 47 dunia dengan nilai  74,8  point  atau di tingkat Asia berada diuturan ke-4 di bawah  Jepang, India, dan Singapura,” kata Arief Yahya.

NTB merupakan destinasi wisata unggulan yang  ditempatkan sebagai bagian dari great Bali.  Sekitar 40% wisman yang berkunjung ke Indonesia
masuk melalui Bali, mereka
melanjutkan perjalanannya ke NTB dan destinasi lain di kawasan Timur Indonesia atau Bali Beyond, sedangkan wisman yang masuk melalui great Jakarta dan great Batam masing-masing sebesar 30% dan 20%.

Gubernur NTB  M. Zainal Majdi mengatakan, peristiwa  200 tahun meletusnya Gunung Tambora tahun lalu diperingati dengan menggelar event  “Tambora Menyapa Dunia” (TMD). Event  yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut dimeriahkan dengan acara gelar seni budaya, wisata minat khusus dan sport adventure, seminar, serta bhakti sosial yang berlangsung selama enam bulan dari Maret  hingga Agustus 2015. “Sebagai kelanjutannya, tahun ini  kita menggelar event tahunan  Festival Pesona Tambora dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata NTB di dalam dan luar negeri sekaligus mendukung branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia,” kata
Gubernur M. Zainal Majdi.

Pemprov NTB belum lama ini meluncurkan  destination branding “Pesona Lombok Sumbawa” serta kalender event 2016, kemudian  dilanjutkan  dengan peluncuran  FPT 2016 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke NTB yang tahun ini ditartgetkan sebanyak 1,5 juta wisman dan 1,5 juta wisnus.

Untuk mensukseskan penyelenggaraan FPT 2016 dipersiapkan tiga kegiatan utama saat; pra-event, main event dan post event. Untuk kegiatan pra-event  antara lain; launching, seminar (wisata bahari, Rinjani menuju geopark dunia, dan Lombok wisata halal dunia), peziarahan Tambora (pameran Tambora dan perjalanan wartawan), Gili tapan (upacara lau, perunjukan musik gambus lautan dan layaran film), perkebunan kopi Tambora (gelaran budaya, kompetisi kopi kreatif, dan cargo cult festival).

Sementara itu untuk kegiatan main event antara lain digelar ; Tambora running (ultracrun 320 k & 100 k, Tambra Ultra 50k & 25k) Tamboran  bike camp, Tambora Festival, Pulau  Satonda (Tambora  leterary and film festival, dan pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda) dan ritus budaya Tamboraman, sedangkan kegaitan untuk post-event antara lain klik fotografi trip. (Ris/Don)



«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: