» » Temui Gubernur Jabar, Tiga Negara di Amerika Latin Jajaki Kerjasama Lintas Sektor

SJO BANDUNG – Duta Besar Republik Kuba untuk Indonesia Nirsia Castro Guevara, Direktur Kantor Dagang Peru di Indonesia Juan Carlos Valdivia, dan Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Suriname Shefferon Kartawikromo, menyambangi Gedung Pakuan, Kota Bandung untuk beraudiensi dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa sore (15/12).

Dalam pertemuan yang dihadiri pula para pejabat Kementerian Luar Negeri RI tersebut, terungkap rencana kerjasama antar negara yang meliputi sektor kepariwisataan, kebudayaan, pendidikan, ekonomi, teknologi, kesehatan, peternakan, dan pertanian.

Menurut Aher, kerjasama ini didasari kondisi faktual negara di kawasan Asia, Afrika, termasuk di kawasan Amerika Latin, memiliki sumber daya alam sangat melimpah. Akan tetapi, sampai saat ini dari segi kemakmuran, negara di kawasan tersebut kalah oleh negara di kawasan utara yang sumber daya alamnya di bawah negara di kawasan selatan, termasuk Indonesia.

“Kita kan bangsa di kasawan selatan ini memiliki sumber daya alam yang sangat banyak, tapi mengapa kemakmuran kita ada di bawah bangsa-bangsa utara yang sumber saya alamnya biasa-biasa saja,” ungkap Aher.

Aher mengatakan, negara-negara di kawasan Amerika Latin memiliki iklim yang sama seperti Indonesia yaitu tropis. Karena itu, dari segi pertanian, negara tersebut menghasilkan berbagai produk buah-buahan yang sama seperti di Indonesia, khususnya Jawa Barat yang memiliki beragam produk pertanian.

“Mereka menawarkan kerjasama pertanian, mereka jagoan di kentang dan alpukat, kita Jawa Barat juga memiliki produk pertanian yang berkualitas” katanya.

“Mereka bilang punya alpukat tanpa biji. Di Jabar, alpukat kita biji nya besar. Jadi menarik kalau kita bisa memindahkan alpukat disana dengan alpukat di Jabar. Dampaknya luar biasa walaupun dengan sebatang pohon tapi kalau kerjasama ini dikelola dengan baik akan saling menguntungkan,” tambah Aher.

Karena itu, Gubernur Jabar menginstruksikan Kepala OPD terkait di lingkup Pemprov Jabar segera menjajaki kerjasama ini. Akan ditugaskan Kepala OPD segera berkomunikasi dengan kantor-kantor Duta Besar di Jakarta guna menjajaki kerjasama yang baik ini.

Selain itu, para Delegasi Amerika Latin tersebut juga menawarkan kerjasama dalam bidang kesehatan yang saat ini tengah dalam penjajakan intensif antara Biofarma Indonesia dengan Bio Cuba Farma.

“Mereka juga menawarkan kerjasama di pariwisata, pertanian, peternakan, termasuk juga bidang-bidang yang sesuai dengan negara berkembang seperti kita,” tutup Aher.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: