» » » Pasar Sentral Ikan Asin Pantai Pangandaran Diburu Pengunjung


SJO PANGANDARAN - Libur Natal dan Tahun Baru, seperti tahun tahun sebelumnya obyek Wisata Pantai Pangandaran dipadati pengunjung dan menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang.

Seperti halnya bagi para pedagang di pusat sentra oleh-oleh dan sentral Ikan Asin di jalan Kidang Pananjung Pangandaran. Dilokasi ini tersedia oleh-oleh khas pangandaran yakni Ikan Asin Jambal Roti, maupun oleh-oleh khas hasil laut lainnya.

Ikan Asin Jambal Roti, kini kian menjadi oleh-oleh unggulan di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Kurang afdol rasanya bila pelancong ke Pangandaran, pulangnya tidak membawa ikan asin jambal roti sebagai buah tangan.

Selain terdapat di pusat oleh-oleh pasar sentral asin juga terdapat di kios-kios sepanjang jalur wisata Pangandaran. Anda juga bisa mendapatkan ikan jambal roti sebagi oleh-oleh dari pedagang ikan asin asongan, dengan kwalitas yang sama dan dengan harga yang bersaing tentunya.

Meski harga Ikan Asin Jambal Roti ini relatif tinggi, berkisar antara Rp90.000 sampai Rp150.000/kg, setiap hari ada saja wisatawan yang berburu ikan jambal roti sebagai oleh-oleh di Pusat Penjualan Ikan Asin maupun di rumah makan seafood di Pantai Timur Pangandaran.

Seperti kata Dindin Sahrudin yang akrab disapa Kang Ade, pedagang oleh-oleh khas hasil laut "Anugrah", pengunjung yang datang ke kiosnya  rata-rata mencari Ikan Asin Jambal Roti.

"Ikan Jambal Roti pun ada dua varian yg biasa dan yang super, harganya pun berbeda, lebih mahal yang super."jelas Ade.

Jika masa liburan seperti saat ini Ade mengaku pendapatannya berlipat, sehari dirinya bisa mendapatkan hasil hingga Rp.10 sampai Rp.15 juta.

"Kalau hari-hari biasa paling hanya  Rp.500 ribu hingga 1 juta."pungkas Ade. (Iwn)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar: