» » Kanwil DJP Jabar I Lelang 7 Kendaraan

Foto: Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I saat menunjukan beberapa unit kendaraan sitaan harta Wajib Pajak.(Cuy)

SJO BANDUNG – Sebanyak 7 unit kendaraan yang merupakan hasil harta sitaan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I mulai dilelang hari ini (17/12) di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung. Ketujuh kendaraan tersebut diantaranya enam unit kendaraan roda empat (mobil), dan satu buah kendaraan roda dua (sepeda motor) diperoleh  dari para Wajib Pajak di 4 KPP wilayah Kanwil DJP Jawa Barat I, setelah sebelumnya dilakukan upaya penagihan aktif melalui beberapa prosedur, yakni Surat Teguran, Surat Paksa, hingga Sita Harta jika para Wajib Pajak tidak mampu melunasi hutang pajaknya.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Yoyok Satiotomo menegaskan bahwa pihaknya akan memperlihatkan keseriusannya dalam urusan penagihan pajak. "Hak negara untuk menagih pajak harus diprioritaskan, Kami memiliki hak untuk mendahului," tegasnya.

Lanjutnya, "lelang harta wajib pajak selain ditujukan untuk mendapatkan pembayaran piutang pajak, juga dimaksudkan sebagai contoh dan pembelajaran bagi para Wajib Pajak lainnya," tukas Yoyok

Adapun pelaksanaan lelang kali ini dilakukan melalui dua metode, yaitu metode online dan metode tatap muka. Penggunaan dua metode lelang tersebut bertujuan agar transparansi dan akuntabilitas dapat terjamin, sehingga pelaksanaan lelang mendapatkan hasil yang optimal. Harga limit yang ditetapkan terhadap harta yang dilelang mencapai Rp. 325,5 juta.

Pelaksanaan lelang kali ini merupakan yang ke 20 kali selama tahun 2015 di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I. Menurut data yang telah terhimpun, hingga akhir nopember 2015 Kanwil DJP Jawa Barat I telah berhasil menagih tunggakan pajak sebesar Rp. 350 Miliar, tumbuh 100% dibanding hasil tahun 2014 yang hanya mencapai Rp. 165 Miliar. "Pertumbuhan pencairan tunggakan ini tak lepas dari meningkatnya kinerja para Juru Sita Pajak Negara (JSPN) dan Kami sampaikan apresiasi kepada para Juru Sita yang telah bekerja dengan baik," ujar Yoyok.

Selain lelang harta Wajib Pajak, selama tahun 2015, tindakan penagihan aktif yang dilakukan Kanwil DJP Jawa Barat I meliputi, Pemblokiran Rekening sebanyak 1.429 WP, Usulan Pencegahan 72 WP, dan Usulan Penyanderaan (Gizjeling) sebanyak 20 WP.(Cuy)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: