» » » » » » Dua Kampung Di Purwakarta Tidak Memiliki Aliran Listrik


SJO PURWAKARTA - Dua Kampung di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta, belum pernah merasakan aliran listrik. "Dalam penerangannya hanya mengandalkan penerangan dari lampu damar dan dan penerangan dari batre accu sebagai penampung tenaga surya." Dua Kampung yang tidak pernah merasakan aliran listrik, yakni Kampung Tegal Panjang Desa Cipendeuy Kecamatan Bojong dan Kampung Cikorod Desa Kertasari Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. "Dua Kampung yang dihuni 32 Kepala Keluarga (KK)."

Hingga saat ini, kedua Kampung hanya mengandalkan penerangan saat malam hari, rata rata menggunakan lampu cempor (Damar) dan lampu penerangan dari batre accu yang disalurkan dari tenaga surya. Namun, hanya 2 KK yang memiliki tenaga surya dari dua perkampungan. "Yang di belinya secara pribadi dengan harga 2.5 Juta Rupiah, tahun lalu."

Menurut Kohar (66) warga Kampung Tegal Panjang, mengatakan bahwa, di dua kampung sudah puluhan tahun tidak ada listrik, karena tidak terjangkau dan jumlah warganya sedikit. Untuk penerangan sehari hari menggunakan tenaga surya yang di tampung ke batre accu, namun bila tidak ada sinar matahari otomatis daya tampun listrik akan mati. Jadi untuk mengganti matinya tenaga surya, menggunakan damar kembali dengan bahan bakar solar,sebagai alat penerangan. Jelasnya. Kamis (17/12).

Taufik Rahman Camat Bojong, mengakui, bahwa tidak hanya aliran listrik yang belum dirasakan warga dua Kampung ini, tetapi akses jalan yang sulit.
karena untuk menembus jalan kampung, harus melintasi pematang sawah dan aliran sungai cikao, sejauh 5 Kilometer. Jelas Taufik Rahman Camat Bojong kepada seputarjabar.com.

Namun, ada kesulitan yang lebih sangat dirasakan warga, apabila ada salah satu warga Kampung Tegal Panjang dan Kampung Cikorod, yang hendak melahirkan dan harus dirujuk ke Rumah Sakit di Kota Purwakarta, bilamana dukun beranak di kampung tersebut, tidak sanggup.

"Warga terpaksa menggotongnya menggunakan alat pikul dan kain serta menggunakan damar sebagai alat penerangan, bila dimalam hari. Pungkas Enin (61) Warga Tegal Panjang. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: