» » » Dinilai Cacat Hukum, KPU Pangandaran Didemo !


SJO PANGANDARAN - Ratusan masa dari Forum Pangandaran Menggungat mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, Rabu (16/12). Mereka menyampaikan mosi tidak percaya terhadap penyelenggara pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran 2015.

Masa yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, tidak dapat masuk ke halaman Kantor KPU Pangandaran karena terhalang kawat berduri dan ratusan aparat Kepolisian yang sudah siaga sejak awal.

Dalam orasinya, Kuasa pendamping Forum Pangandaran menggugat, Moh. Fauzan Rohhman menyatakan, Penyelenggara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran oleh KPU dan Panwaslu kabupaten Pangandaran telah cacat hukum.

Fauzan mengatakan, Bahwa apabila dikaji ketentuan pasal 13, 14, 15 UU No. 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota  menjadi Undang-undang, bahwa artinya KPUD Pangandaran tidak pernah melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai penyelenggara Pilkada di Kabupaten Pangandaran, sebab sejak awal dilaksanakan oleh KPUD Ciamis.

“KPUD Pangandaran hanyalah meneruskan pekerjaan KPUD Kabupaten Ciamis yang secara hukum hal tersebut tidaklah dibenarkan dan tidak diatur dalam Undang-undang ataupun Peraturan Pemerintah,”kata Fauzan.

Fauzan menegaskan, bahwa pelaksanaan Pilkada dalam hal hasil pemungutan suara yang dilaksanakan oleh KPUD Pangandaran cacat hukum dan harus dinyatakan batal demi hukum. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar: