» » » Cak Nun Kupas Keterkaitan Islam Dengan Kebudayaan Dalam Ceramahnya


SJO PURWAKARTA - Emha Ainun Najib (Cak Nun) menjadi Penceramah,di Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke 70, sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1437 Hijriah, di Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Sabtu, (12/12).

Dalam ceramahnya, Cak Nun mengupas keterkaitan Islam dengan Kebudayaan. Tablig Akbar tersebut diikuti oleh para Pimpinan OPD, Pegawai Negeri Sipil (PNS), PGRI Purwakarta serta masyarakat umum lainnya.

Menurut Cak Nun, Sang penceramah mengatakan bahwa, budaya dan agama saling berkaitan, karena, Islam tidak dapat dilaksanakan secara kaffah tanpa Kebudayaan. "Keduanya harus berjalan beriringan, karena, Masjid, Sajadah dan Pakaian merupakan produk budaya." Jelasnya.

Sambung Cak Nun, sebagai manusia, kita tidak boleh memvonis bahwa seseorang itu kafir atau syirik. Karena, Iman itu disini katanya, sambil menunjuk ke arah dada. "Karena,ada Dua wilayah dalam agama, yakni, mahdhoh dan mu’amalah." Jelas, Cak Nun.

Sedangkan menurut Dedi Mulyadi Bupati Purwakarta, kegiatan ini, bagian dalam menumbuhkan spirit kehidupan bekerja yang bermanfaat .

“Maka kita harus menumbuhkan spirit dalam kehidupan bekerja agar bermanfaat bagi orang lain serta membangun energi baik, terutama bagi para Pegawai dan Guru." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: