» » » Usulan Penundaan Proses Seleksi Calon Komisioner KPU Pangandaran Ditolak, Pelantikan Segera Dilaksanakan


SJO PANGANDARAN – Pengajuan ijin perubahan  jadwal pelantikan dan penundaan proses seleksi Anggota KPU Kabupaten Pangandaran oleh KPU Jawa Barat beberapa hari lalu Kepada KPU RI ditolak. Dengan demikian proses dan tahapan pembentukan KPU Pangandaran akan dilanjutkan.

Anggota Komisioner KPU Jawa Barat Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sosialisasi Nina Yuningsih mengatakan, proses tahapan akan dilanjutkan pada tahap penyusunan peringkat dan penerbitan Surat Keputusan (SK) pelantikan.

“Kami pernah melakukan penundaan proses tahapan Komisioner KPU Pangandaran, tetapi sifatnya sementara,” kata Nina.

Hal itu dilakukan setelahnya melakukan audiensi dengan pihak Polres Ciamis terkait stabilitas keamanan dan tingkat kerawanan Pemilu di Pangandaran.

“Namun sesuai dengan perintah dari KPU RI, untuk proses tahapan pembentukan KPU Pangandaran harus segera dilaksanakan,” tambah Nina.

Untuk itu lanjut Nina, pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi untuk menentukan rangking calon Anggota KPU Pangandaran dan melakukan Pelantikan serta menyusun jadwal agar proses tahapan sesuai dengan target yang ditentukan.

Sementara Kapolres Ciamis AKBP Arif Racham, membenarkan sebelumnya pihaknya mengirimkan surat saran terkait Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) ke KPU Jawa Barat per tanggal 27 Oktober 2015.

“Menindaklanjuti surat tersebut, kami telah melakukan dialog dengan pihak KPU Jabar tanggal 7 November 2015, memberi masukan dan sara terkait peralihan penyelenggara Pilkada Pangandaran yang dalam wacananya akan dilakukan peralihan penyelenggaranya oleh KPU Pangandaran yang baru terlantik,” kata Arif.

Arif menegaskan, pihaknya hanya memberikan saran berdasarkan surat dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dan DPRD Kabupaten Pangandaran.

“Namun kami tidak menghendaki bahwa saran dan masukan pihak Kepolisian dijadikan landasan oleh pihak KPU Jabar untuk menunda proses tahapan pengumuman dan pelantikan KPU Pangandaran,” tambahnya.

Menjaga keamanan dan stabilitas merupakan tanggung jawab sepenuhnya pihak Kepolisian, terkait dilanjutkan atau ditundanya proses tahapan pembentukan KPU Pangandaran itu hak dan kewenangan KPU Jabar.

“Polres Ciamis siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada Pangandaran 2015,”pungkas Kapolres.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: