» » » Sodong Panjang, Mutiara Tersembunyi Di Pangandaran


SJO PANGANDARAN - Pangandaran merupakan kawasan yang kaya akan pesona alamnya. Selain pantai, ternyata banyak objek wisata alam seperti tebing, hutan dan goa yang memiliki daya tarik tersendiri dan beberapa di antaranya masih jarang diketahui oleh wisatawan bahkan masyarakat Pangandaran itu sendiri.

Seperti halnya kawasan wisata hutan lindung Sodong Panjang yang ada di Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran sebagai destinasi wisata yang patut untuk dikembangkan dan layak dikunjungi.

Sejak di pintu masuk Sodong Panjang terdapat beberapa potensi alam yang cukup mempesona, diantaranya lereng perbukitan yang membentang dari utara ke selatan dengan akar-akar pohon besar yang merambat diperbukitan yang indah serta udaranya yang sejuk.

Dilokasi ini kedepan cocok untuk dikembangkan sebagai arena permainan playing fox atau sebagai lokasi pemotretan praweeding yang sangat indah. Selain itu bebatuan yang indah menghiasi setiap sudut jalan sepanjang pintu masuk objek wisata alam ini.

Sementara itu kekayaan alam dengan keaneka ragaman jenis hewan yang terdapat didalamnya seperti Kera, Babi hutan, Trenggiling, Lutung, Ciung Mungkal, aneka jenis burung, dan konon dikawasan ini masih terdapat Harimau.

Dikawasan wisata hutan lindung Sodong Panjang juga terdapat pohon-pohon yang besar dan tinggi menjulang serta umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Hal tersebut dapat dilihat dari jenis pohon dengan akar-akar yang indah dan jarang ditemui ditempat lain.

Sedangkan aliran sungai yang mengalir jernih disela-sela bebatuan dikawasan tersebut, konon menurut penduduk setempat dipercaya berkhasiat dapat membuat awet muda. Selain itu dikawasan tersebut terdapat satu pohon bernama “Cangkreh”. Air dari batang pohon ini dipercaya berkhasiat sebagai obat tetes mata yang mujarab.

Sementara itu Camat Sidamulih, Erik Krisna Yudha menyatakan optimis objek wisata alam Sodong Panjang kedepan akan banyak diminati wisatawan domestik dan macanegara.

“Keindahan dan keanekaragaman hayati maupun hewani serta potensi alam dikawasan tersebut sangat menjanjikan untuk dikembangkan.”kata Erik.

Namun Erik mengakui bahwa akses jalan menuju objek wisata alam tersebut belum mendukung. Untuk menuju lokasi tersebut, dari jalan desa hanya dapat ditempuh dengan sepeda motor serta jalan kaki.

“Apabila sarana dan sarana seperti infrastruktur jalan, transportasi, penginapan dan sarana pendukung lainnya sudah ada, saya yakin objek wisata alam Sodong Panjang akan menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran.”pungkas Erik. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: