» » SEMANGAT KERJA KERAS DAN HARMONISASI HUBUNGAN TNI DENGAN RAKYAT

Oleh : Eko Ismadi

Aktualisasi, Implementasi, dan Interprestasi Sebuah Definisi Dari BELA NEGARA INDONESIA 

Bela Negara adalah sebuah sikap terhadap kewajiban dan tanggungjawab serta rasa cinta tanah air seorang warga Negara kepada Bangsa Dan Negaranya. Berdasarkan Pancasila yakni Sila ke -3, Pasal 34, Undang Undang Dasar 1945, dan Sisitim Pertahanan Semesta, menempatkan dan memposisikan rakyat menjadi bagian utama dari pertahanan NKRI. Koridor pembatasan pengertian yang harus dicintai dan dibela adalah NKRI yang berdasarkan Pancasila Dan Undang Undang Dasar 1945 serta Sejarah Nasionlisme Indonesia. Pesan Moral Jenderal Sudirman,”Sebagai bangsa yang menginginkan agar memiliki martabat dan kehormatan, maka setiap rakyat harus menjadi perisai dan benteng tanah airnya.”
Disadari atau tidak, untuk sekarang ini bahwa Sikap Bela Negara sedang mengalami degradasi dan erosi, untuk itu diperlukan sikap dan semangat untuk bekerja keras, agar semangat militansi yang telah diwariskan oleh leluhur dan pendiri Negara Indonesia dapat bangkit dan pulih kembali.

Pengaruh globalisasi terhadap generasi mudan kehidupan bangsa Indonesia demikian dominan pengaruhnya. Kita tidak akan dapat menghentikannya atau menghindarinya, yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir pengaruh itu. Tetapi jangan pula kita berusaha untuk mengingkari adat, tradisi, dan nilai nilai luhur bangsa yang telah contohkan oleh pendahulu kita yang mendirikan bangsa Indonesia.

Upaya yang harus dilakukan demi untuk untuk masa kini dan akan dating adalah diperlukannya pemahaman pemikiran dimilikinya semangat juang oelh seluruh rakyat Indonesia yang diwujudkan dengan bekerja keras, menggunakan pikiran, dan Nurani kebangsaan untuk mempertahankan Identitas Negara Indonesia.

Upaya Berikutnya adalah menjadikan Semangat BELA NEGARA sebagai sebuah kekuatan yang manis, lembut, dan ramah, tetapi memiliki ketahannan yang luar biasa dan kokoh, sehingga dapat mengahdapi ganasnya musuh, dan gigihnya lawan serta kerasnya persenjataan yang digunakan musuh.

SEMOGA INDONESIA TETAP UTUH DAN BERSATU. BAHAGIA DAN SENTOSA, NKRI HARGA MATI !!!!!

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: