» » » Pengrajin Sapu Injuk Mengalami Kelangkaan Bahan Baku


SJO PURWAKARTA - Pengrajin sapu ijuk di kampung Sukaresmi, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, mengalami lebih banyak pengeluaran biaya produksi. "Karena tanggungan ongkos pengiriman, pembelian bahan baku injuk yang didatangkan dari luar kecamatan."

Dari sekian banyaknya para pengrajin sapu injuk, di Kampung Sukaresmi Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta, mengeluhkan soal bahan baku yang sudah mulai sulit, karena untuk di daerah setempat pohon aren sudah mulai berkurang.

"Sehingga para pengrajin sapu harus mulai membeli bahan baku injuk, dengan harga 2500 Rupiah perlembar, dengan harga segitu belum biaya pengiriman." Jelasnya.

Menurut Utis (39), salah satu pengrajin Sapu injuk, di Kampung Sukaresmi Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta, mengatakan bahwa, bahan baku ijuk untuk di wilayanya sudah mulai mengalami kelangkaan. Kata Utis, kepada Seputar Jabar Online, Minggu (22/11).

Sambung Utis, para pengrajin sapu injuk harus menanggung ongkos pengiriman bahan baku, kepada orang yang menyetok injuk dan batang sapu yang di kirim dari luar Kecamatan, terkadang dari luar Kabupaten. "Berharap ada pihak yang berkenan dan mampu menyediakan bahan baku, seperti ijuk dan batang sapu, di wilayah Kecamatan Bojong"

Sehingga, para perajin sapu injuk, di Kampung Sukaresmi Kecamatan Bojong Purwakarta, dapat berkembang dan tidak akan gulung tikar. Namun kami berharap adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta, supaya usaha kerajinan sapu ijuk di kampung sukaresmi, tetap berkembang dan tidak akan punah. Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar:

  1. saya deni pembuat gagang sapu di sumatera utara, silakan cek vidio pabrik saya . hub saya 081919912611 / 085275778974
    https://www.youtube.com/watch?v=xCwOkNtj5Hw
    https://www.youtube.com/watch?v=ai_pNv4NkCg
    https://www.youtube.com/watch?v=EhsFa0kbmXQ
    https://www.youtube.com/watch?v=tIn9_-qjTpo

    http://dowel-indonesia.indonetwork.co.id/

    BalasHapus