» » Pemprov Jabar Apresiasi Raihan Penghargaan Swasti Saba

SJO BANDUNG  – Tahun 2013 lalu, Kementerian Kesehatan RI menetapkan 15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat sebagai Kabupaten/Kota Sehat (swasti saba), atas kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan kepada seluruh Kabupaten/Kota penerima predikat swasti saba, yang diserahkan secara simbolik oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Selasa (17/11).

Penghargaan yag diberikan berupa piala dan piagam penghargaan, serta dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 20 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp 15 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp 10 juta untuk seluruh penerima swasti saba padapa.

Ke-15 penerima penghargaan tersebut antara lain Kota Sukabumi, Kota Cimahi dan Kabupaten Cirebon sebagai penerima Swasti Saba Wistara, Kota Banjar dan Kabupaten Kuningan sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda, serta Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Subang sebagai penerima Swasti Saba Padapa.

“Momentum kali ini tiada lain adalah wujud apresiasi pemerintah provinsi jawa barat terhadap 15 kabupaten kota yang telah mendapatkan penghargaan swasti saba dari kementerian kesehatan RI 2013 lalu," ungkap Deddy dalam sambutannya.

Deddy menekankan meskipun penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat merupakan program pemerintah yang dilaksanakan sejak 2005, evaluasi dan penilaian perkembangan seluruh kegiatan pembangunan kesehatan harus terus dilakukan, terutama terkait kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat sebagai tolak ukur yang digunakan.

Untuk itu, Deddy mengajak seluruh pihak untuk tidak lekas berpuas diri, dan meningkatkan motivasi secara mendalam bahwa hasil yang ingin dicapai dari program ini bukan hanya predikat Kabupate/Kota Sehat, melainkan juga peningkatan inovasi, harmonisasi dan sinergitas pembangunan antara masyarakat dan pemerintah.

“Saya berharap saudara-saudara tidak berpuas diri. Jadikan keberhasilan ini sebagai momentum strategis untuk lebih memperkuat fondasi kebersamaan, karena tantangan dan kendala yang akan kita hadapi ke depan tidaklah semakin ringan," papar Deddy.

Di tahun 2015 ini, dilaporkan ada 21 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah diverifikasi oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mendapatkan penghargaan yang sama. Rencananya, pengumuman dan penyerahan penghargaan tersebut akan dilaksanakan pada 27 November 2015.

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: