» » Optimalkan Fungsi Museum, Wagub : Berdayakan Generasi Muda

SJO BANDUNG - Guna mengoptimalkan fungsi museum sebagai potensi wisata yang sarat akan edukasi tentang sejarah, budaya dan peradaban masa lampau, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyarankan untuk memberdayakan generasi muda, sebagai penyampai informasi di museum.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka rapat pimpinan nasional Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA), di Gedung Merdeka Bandung, Jumat (06/11) malam.

Dalam sambutannya, Deddy menceritakan pengalamannya mengunjungi museum di Adelaide, Australia Selatan. Disana museum terletak di pusat tempat pendidikan, Adelaide University, dan memiliki pemandu-pemandu muda berkompeten.

Menurut Deddy, pembangunan museum di pusat tempat pendidikan dapat menonjolkan fungsi edukasi museum. Sedangkan pemberdayaan generasi muda sebagai pemandu, menjadi salah satu poin pembenahan museum yang patut ditiru, guna menarik potensi wisatanya.

"Bicara museum kan isinya kebanyakan artefak-artefak ribuan tahun, dan pemandunya juga tua-tua," cerita Deddy diselingi candaan.

" Nah, bagaimana kalau (museum) diangkat justru oleh generasi muda yang punya perhatian khusus bagi permuseuman kita," tambahnya.

Deddy menambahkan, tak bisa dipungkiri bahwa apresiasi masyarakat terhadap museum masih sangat minim. Minat masyarakat untuk menjadikan museum sebagai tujuan rekreasi harus lebih ditumbuhkan lagi, salah satunya dengan mengubah performa museum.

"Saya kira sudah harus mulai diubah performa museum kita ini," pungkas Deddy menutup sambutannya.

Rapimnas AMIDA perdana ini turut dihadiri Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Pusat, Ketua Umum AMIDA se-Indonesia, dan Kepala Museum KAA Bandung yang juga Ketua AMIDA Jabar.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: