» » Netty Ajak Pelajar Kampanyekan Anti Kekerasan

SJO CIREBON -- Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan menghadiri Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak bersama Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat Neni Kencanawati di Lapangan Bola Kabupaten Cirebon, beberapa waktu lalu (12/11).

Kepada pelajar-pelajar di Kabupaten Cirebon, Netty kembali menuturkan jenis kekerasan, terdiri dari yaitu kekerasan fisik, psikis, seksual dan ekonomi yang sering terjadi dalam keluarga. Selain itu, ada juga kekerasan bullying yang kebanyakan di lingkungan sekolah, Human Trafficking dan baru-baru ini sering terjadi kekerasan dalam pacaran.

"Ada yang penting diketahui, empat wilayah terlarang untuk dipegang oleh orang asing bahkan orang yang dikenal namun mencurigakan, antara lain daerah muka, sekitar dada, diantara kedua belah kaki dan daerah belakang," tegasnya.

Menurut Netty, kekerasan itu terjadi karena bukan sedikitnya orang baik tetapi justru orang baik itu diam dan membiarkan kekerasan terjadi. "Maka  kita harus memperbanyak orang baik yang memiliki komitmen untuk bergabung menyelesaikan berbagai masalah kekerasan," katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat Neni Kencanawati menjelaskan peserta kampanye ini kebanyakan adalah pelajar karena disinilah kita dapat memberikan pemahaman tentang bahaya kekerasan pada perempuan dan anak. Kampanye ini akan dilaksanakan di empat wilayah sebagai sampling yang harus diikuti kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

"Keempat wilayah ini adalah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Purwakarta. Pemilihan ini merupakan yang memiliki jumlah pengiriman buruh migran terbanyak dan memiliki kasus kekerasan yang cukup tinggi," tambahnya.

Akhirnya, Netty berharap masyarakat Jawa Barat dapat menjadi masyarakat yang sesanti "silih asah asih asuh", bahwa kita tidak tinggal diam melihat berbagai bentuk kekerasan. Jika kita melihat dan merasakan bentuk kekerasan maka lakukan tolak, lawan, laporkan dan hentikan sekarang juga.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: