» » » Motor Paling Populer di Pencarian Online? Bukan Honda dan Yamaha, tapi…

Preferensi Merek dan Jenis Peminat Motor Online Berbeda dengan Offline

SJO BANDUNG — Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan sepeda motor terbanyak di dunia. Tahun 2014 lalu tercatat 6 juta motor terjual, dan hingga bulan September 2015 telah terjual lebih dari 4,8 juta motor di Indonesia. Honda masih memimpin pasar dengan penjualan lebih dari 3,2 juta dan diikuti Yamaha dengan lebih dari 1,3 juta unit.

Di tengah cukup stabilnya penjualan sepeda motor di Indonesia dan perkasanya Honda dan Yamaha sebagai pemimpin pasar yang tercermin dari hasil penjualan dari tahun ke tahun, Carmudi sebagai platform jual beli kendaraan teraman di Indonesia menganalisa ribuan listing kendaraan bermotor dan pola pencarian di situs Carmudi untuk mengetahui merek yang paling populer dicari di situs online.

Dari total keseluruhan listing kendaraan di seluruh dunia, 27% diantaranya merupakan sepeda motor. Sepeda motor berkontribusi 50% dari keseluruhan listing di Indonesia, sedangkan di Filipina sebanyak 55%, dan Vietnam sebanyak 52%. Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor sangat populer di negara-negara Asia Tenggara.

Hal yang menarik yang ditemukan dari analisa yang Carmudi lakukan terhadap lebih dari setengah juta pencarian kendaraan secara online adalah merek sepeda motor yang populer dari pencarian online ternyata bukan Honda atau Yamaha yang memimpin pasar di Indonesia. 46% masyarakat melakukan pencarian terhadap merek Kawasaki, dan model yang populer adalah Ninja dan KLX. Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan platform situs kendaraan online untuk mencari kendaraan jenis sport dan trail yang tergolong kebutuhan sekunder bahkan tersier dalam pembelian sepeda motor. Bila dibandingkan dengan pencarian konvensional ke diler (offline), masyarakat umumnya mencari dan membeli sepeda motor jenis bebek dan otomatis.

“Carmudi menemukan fakta yang menarik dari kebiasaan masyarakat dalam melakukan pencarian sepeda motor secara online. Platform jual beli kendaraan online memudahkan masyarakat mencari kendaraan impian secara cepat. Munculnya model sepeda motor sport dan trail sebagai sepeda motor paling populer yang dicari masyarakat di platform online menunjukkan segmentasi yang khas. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang Carmudi lakukan beberapa bulan lalu, bahwa pencarian online didominasi masyarakat kelas menengah di rentang usia 18-35 tahun yang melek dunia digital (Generasi Y). Hasil analisa ini menguatkan segmentasi tersebut bahwa masyarakat yang menggunakan platform jual beli kendaraan adalah kelas menengah generasi Y yang melek dunia digital dan memiliki ketertarikan yang kuat untuk pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier yang tercermin dari pencarian sepeda motor jenis sekunder, yaitu jenis sport dan trail untuk kebutuhan mereka. Hal ini tidak mengejutkan mengingat pertumbuhan kelas menengah dan dunia digital di Indonesia beberapa tahun terakhir ini cukup menakjubkan.”, jelas Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia di Jakarta, Rabu (4/11).(Ris)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: