» » » Jeje Wiradinata : Sodetan Sungai Citanduy Bukan Solusi Atasi Banjir


SJO PANGANDARAN - Calon Bupati Pangandaran nomor urut 3 Jeje Wiradinata, menyatakan bahwa upaya penyodetan sungai Citanduy bukan solusi yang tepat untuk mengatasi banjir tahunan yang selalu melanda wilayah Kecamatan Padaherang, Mangunjaya dan Kalipucang.

Menurutnya, upaya penyodetan hanya akan mengirim sampah dari sungai ke laut, sehingga dapat menimbulkan kerusakan lingkungan di Pantai Pangandaran.

Hal itu mengemuka dalam debat kandidar calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, yang digelar di Gedung Islamic Center Pangandaran, Selasa (03/11) ketika pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Pangandaran, Ino Darsono- Erwin M Thamrin, (Hidmat) melempar pertanyaan kepada pasangan Jeje Wiradinata-Adang Hadari (Jihad).

Dalam sesi tanya jawab, Ino yang diberi kesempatan oleh moderator untuk melemparkan pertanyaan kepada paslon Jihad, meminta penjelasan kepada paslon Jihad mengenai solusi yang harus diambil dalam upaya menghentikan banjir tahunan yang hingga saat ini masih terus berlangsung.

Dalam Jawabannya Jeje mengatakan untuk mengatasi masalah banjir harus dikaji secara komperhensip. Artinya harus dicari permasalahannya mulai dari hulu, tengah sungai dan muara sungai.

“Karena hasil kajian akademis menyebutkan bahwa upaya sodetan hanya akan mampu menurunkan permukaan air di muara sekitar 15 centimeter. Dengan begitu, meski sudah disodet, tetap saja tidak akan mengatasi masalah banjir,” terangnya.

Jeje menambahkan, upaya yang harus dilakukan tidak hanya di muara saja, tetapi juga harus dicari permasalahan di hulu dan tengah sungai. “ Apakah hutan di hulu sungai gundul? Apakah kondisi di tengah aliran sungai citanduy mengalami pendangkalan atau ada masalah lainnya? Itu tentunya harus dicari. Artinya, menangani banjir ini harus diatasi mulai dari hulu hingga ke muara,” katanya.

Jeje juga mengatakan, Pantai Pangandaran yang jadi andalan sektor parawisata akan rusak apabila upaya penyodetan di muara dilakukan. Upaya penyodetan bukanlah solusi.

“Kalau hanya menurunkan 15 centemeter dan permasalahan di hulu serta di tengah sungai tidak diatasi, maka tidak akan ada pengaruh untuk menghentikan banjir,” katanya.

Jeje menegaskan, apabila dirinya bersama Adang Hadari ditakdirkan memimpin Pangandaran, maka persoalan banjir yang terjadi di Padaherang, Mangunjaya dan Kalipucang akan menjadi prioritas.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: