» » » Ikan ‘Jajambean’ Melimpah, Nelayan Pangandaran Dapat Berkah


SJO PANGANDARAN - Fenomena yang tidak biasa terjadi di Pantai Barat Pangandaran. Kali ini,  ikan-ikan kecil atau “Jajambean” berada di tepi laut sehingga mudah untuk dijaring. Hal itu membawa berkah tersendiri bagi para nelayan di pangandaran.

Fenomena seperti itu biasa terjadi pada bulan oktober hingga Desember, atau setiap musim kemarau. Untuk tahun ini terjadi sejak empat hari yang lalu. Para nelayan di sini berusaha menangkap ikan sebanyak-banyaknya. Bahkan hingga perahu mereka dipenuhi oleh ikan jajambean atau yang popular disebut ikan Sardin. Saking banyaknya, nelayan bisa mendapat 1 ton ikan dalam sekali melaut.

Selain hasil tangkapan yang melimpah, para nelayan tak perlu jauh-jauh ketengah laut, karna ikan Jajambean ini bergerombol disekitar pantai. Ikan hasil tangkapan langsung diserbu pembeli yang sudah menunggu kedatangan mereka di tepi pantai.

Menurut Sakinah pemilik perahu, dirinya bisa mendapatkan ikan hingga satu perahu atau sekitar 1 ton ikan Jajambean.

“Kami bisa membawa pulang uang hingga 2-3 juta rupiah. Fenomena laut seperti itu akan terus terjadi hingga satu bulan ke depan. Ini berkah tersendiri bagi para nelayan di pangandaran,” terangnya.

Sementara Sulasih seorang warga Dusun Bojongjati Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran mengatakan, dirinya sengaja menunggu nelayan bersandar untuk membeli ikan jajambean yang kini sedang musim.

Dirinya memilih membeli langsung ke nelayan karena harganya jauh lebih murah. Satu kantung kresek dirinya cukup membayar  20 ribu rupiah saja.

“Kalau sudah di Pasar umum, harganya bisa dua kali lipat. Selain itu kalau memebeli langsung ke nelayan, ikannya dijamin masih segar,”jelas Sulasih.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: