» » » Hasil Tangkapan Nelayan Pangandaran Melimpah


SJO PANGANDARAN - Nelayan di Kabupaten Pangandaran saat ini sedang sumringah. Hasil tangkapan dalam 4 bulan terakhir melimpah. Lebih menggembirakan lagi hasil yang didapat adalah ikan kualitas ekspor, seperti Layur, Udang Dogol , Udang Tiger dan Bawal Putih.

Menurut Sekretaris KUD Minasari, Datam Sudarjo, datangnya musim panen ikan nelayan Pangandaran kali ini bersamaan dengan peralihan musim dari angin barat menjadi angin timur.

“Adanya perubahan angin tersebut juga menjadikan sejumlah nelayan yang biasa beroperasi di Pantai Timur pindah ke Pantai Barat Pangandaran. Musim panen ikan yang berlangsung saat ini erat kaitannya dengan kemarau panjang, menjadikan suhu air laut di pantai selatan menjadi hangat sehingga ikan banyak diperairan Pangandaran,”kata Datam.

Datam menjelaskan, harga ikan bawal putih tergantung pada ukuran, semakin besar maka harganya semakin mahal. Misalnya untuk ukuran kecil 3 ons perkilonya Rp 150.000 sampai Rp.200.000 , bawal putih 4 ons Rp 300.000, dan untuk ukuran 5 ons Rp.400.000 per kilonya.

Sementara itu perputaran uang di TPI KUD MINASARI per hari mencapai 250 -300 juta, akumulasi dalam satu bulan mencapai 7 milyar untuk di empat bulan terakhir, karena puncak produksi pada September hingga desember. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: