» » Hari Pahlawan, Wagub : Teruskan Semangat Perjuangan


SJO BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyampaikan bahwa nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan lekang dimakan jaman. Ia akan direvitalisasi sesuai perkembangan jaman yang ada. Karena disetiap jaman, sesuatu yang diperjuangkan pasti ada. Seperti misalnya disintegrasi, atau segala macam unsur perpecahan, dan tantangan zaman lainnya yang harus diperjuangkan. Sehingga dari zaman tahun '45 sampai sekarang, sebetulnya tantangan masih ada.

"Keberanian, kejujuran tetap diperlukan, bagaimana halnya para pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan RI. Sampai saat ini saya kira masih relevan semangat perjuangan itu," Ungkap Wagub, usai memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi di Halaman Gedung Sate - Kota Bandung, Selasa (10/11/15).  
Hari Pahlawan juga menjadi penting, menurur Deddy, sebab menjadi barometer kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Di tahun 2015 ini, perayaan Hari Pahlawan ke-70 dengan temanya 'Semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku', difokuskan untuk menginternalisasi jiwa anak bangsa agar rela berkorban, tanpa pamrih bekerja keras dan jujur.

Sementara ditemui di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Jl. Cikutra, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, pada Upacara ziarah nasional tingkat provinsi Jawa Barat, Wagub Jabar Deddy Mizwar meyinggung mengenai nilai perjuangan yang dimaksudkannya tersebut. Menurutnya nilai perjuangan saat ini tantangannya lebih besar lagi, mempertahankan keutuhan NKRI dari segi sosial dan budaya, merupakan sesuatu yang masih harus diperjuangkan.

"Nilai-nilai perjuangan, ketulusan, pantang menyerah tanpa pamrih, bukan hanya saat mempertahankan krmerdekaan. Saat ini juga diperlukan. Ini menjadi hak dan kewajiban pemuda saat ini. Saat ini tantangannya lebih besar lagi, mempertahankan NKRI juga hasesuatu yang harus diusahakan sekarang," kata Wagub.

Sehingga peringatan Hari Pahlawan bukan hanya untuk mengenang masa lalu, tapi spirit yang diwariskan oleh pejuang saat itu, harus bisa direlevansikan dengan semangat dalam menjalani kehidupan saat ini.(R)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: