» » » H. Ino Darsono Prihatin Pada Nasib Petani


SJO PANGANDARAN - Calon bupati Pangandaran H. Ino Darsono, menyampaikan keprihatinannya pada nasib petani. Sebab selama ini nasib petani telah terabaikan. Padahal wilayah Pangandaran adalah daerah agraris dan mata pencaharian mereka mayoritas adalah petani.

Hal itu disampaikan saat mengadakan kampanye di Desa Bungur Raya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Senin (09/11)

Calon Bupati Nomor Urut 1 H. Ino Darsono menjelaskan, selama Pangandaran masih tergabung dengan Kabupaten Ciamis hingga 3 tahun menjadi daerah otonomi baru (DOB) pemerintah seperti memandang sebelah mata pada profesi petani.

“Lihat saja selama ini bantuan dan perhatian pemerintah sangat tidak berimbang. Pemerintah hanya memperhatikan nasib nelayan, sementara nasib petani diabaikan.”ujar Ino.

Menurutnya, hingga saat petani terbebani oleh peralatan pertanian impor, mulai dari pupuk kimia, pestisida, hingga benih.

Dirinya juga melihat persoalan yang dihadapi oleh petani ke depan begitu kompleks, maka perlu kiranya terobosan-terobosan  dan ini mutlak dilakukan. Diperlukan perubahan revolusioner politik anggaran, perbankan, perindustrian, dan perdagangan untuk mensejahterakan para petani tersebut.

“Dalam artian diperlukan sebuah kebijakan yang memihak kepada nasib petani itu sendiri. Mulailah memperhatikan kondisi riil di lapangan apa yang  sesungguhnya yang terjadi, apa yang mereka butuhkan dalam kehidupan mereka.”jelasnya

Dari segi kebijakan  yang dibuat oleh pemerintah haruslah bersifat terbuka, sehingga hal tersebut akan lebih banyak petani yang mengambil keuntungan dari hal tersebut. Kebijakan tersebut tidak lagi merugikan para petani namun akan dapat meningkatkan kesejaheraan mereka.

“Mulailah sadar akan perlunya mencermati dan memahami kondisi nasib para petani kita saat sekarang ini. Mari kita tumbuhkan rasa prihatin kita terhadap nasib petani tersebut. Dengan adanya rasanya prihatin kita serta diiring dengan kebijakan, serta langkah riil dilapangan, kedepan nantinya kehidupan petani akan lebih baik dan sejahtera.”pungkasnya. (iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: