» » » Gubernur Beri Arahan Kepada Pejabat Eselon II & III Pemkab Ciamis

SJO CIAMIS - Mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Ciamis, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan arahan kepada para Pejabat Eselon II & III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis di Kantor Bupati Ciamis, Jl. Jenderal Sudirman, Kabupaten Ciamis pada Rabu siang (11/11/2015). Dalam arahannya, Aher menekankan pentingnya meningkatkan pembangunan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti melalui pendidikan dan pengentasan kemiskinan.

Aher yang mengaku baru pertama kalinya menggelar pertemuan dengan para Pejabat Eselon II & III tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Barat ini mengatakan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan di Jawa Barat harus terarah.

"Pembangunan kita harus terarah yang diukur dengan ukuran mikro, seperti tingkat kemiskinan dan pengangguran. Jawa Barat tahun 2007 tingkat kemiskinannya 13,55 persen, tahun 2014 turun di angka 9,8 persen. Ciamis lebih rendah lagi dibanding kabupaten kota lainnya yaitu 8,2 persen. Tolong dipertahankan!" ungkap Aher dalam arahannya.

Hal tersebut menurut Aher, bisa menjadi ukuran keberhasilan pembangunan sebuah daerah. Hal lainnya, Aher menambahkan bahwa keberhasilan pembangunan bisa dilihat dari pembangunam infrastruktur dan pendidikan.

Selain itu, Aher pun menjelaskan bahwa ukuran pembangunan bisa dilihat dari 2 aspek, yaitu aspek ekonomi dan sosial. "Out pembanguan diliht dari PDRB, apabila semakin tinggi maka akan semakin baik tingkat pembangunannya. Lalu diukur pula oleh pertumbuhan ekonominya. Itu ukuran makronya, ukuran mikronya yaitu tingkat kemiskinan," papar Aher.

Sementara ditinjau dari aspek sosialnya, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yaitu seberapa lama keikutsertaan sekolah (angka partisipasi sekolah) masyarakatnya dan tingkat melek huruf masyarakatnya. Menurut Aher, hal tersebut harus terus ditingkatkan, karena bisa memutus mata rantai kemiskinan. "Untuk memutus mata rantai kemiskinam yaitu berikan pendidikan yang baik kepada masyarakat," pungkas Aher.

Pada kesempatan ini, Aher pun memberikan apreasiasinya atas berbagai program inovasi dan prestasi yang diraih dan dilakukan Pemkab Ciamis. Pemkab Ciamis telah menganggarkan hingga Rp 212 Milyar untuk pemerintahan desa, termasuk memberikan penghasilan tetap kepada kepala desa dengan tunjangan sebesar Rp 2,5 juta dan BPJS, Sekretaris Desa Rp 1,5 juta, serta memberikan pula penghasilan atau tunjangan kepada para perangkat desa lainnya hingga tingkat RW dan RT.

Sementara prestasi yang mendapat perhatian Aher yaitu, Kabupaten Ciamis menjadi salah satu finalis Piala Adipura, serta prestasi di Bidang Perhubungan sebagai Kota Kecil dengan Lalu Lintas Terbaik.

Turut hadir pada acara ini, Bupati Ciamis, Asisten Daerah Bidang Ekonomi & Pembangunan Setda Pemprov Jawa Barat, Kepala Biro HPU Setda Pemprov Jawa Barat, Kepala BKPP Wilayah IV, para Kepala OPD dan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, serta 26 camat se-Kabupaten Ciamis.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: