» » » Dipersoalkan Warga, Pencairan Proyek Program Sumur Pantek Ditunda!


SJO PANGANDARAN - Warga Desa Batukaras Kecamatan Cijulang merasa kecewa terhadap hasil pengerjaan sumur pantek bantuan program Dinas Kelautan Pertanian Kehutanan (DKPK) Kabupaten Pangandaran, pasalnya sampai saat ini pengerjaan sumur pantek tersebut belum bisa dimanfaatkan.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Desa Batukaras Sukara mengatakan, selain itu pengerjaan sumur pantek terkesan asal-asalan. Seharusnya pengerjaan sumur pantek bagi masyarakat sudah bisa digunakan musim tanam padi saat ini.

“Saat ini belum juga terpasang popa air jenset, bahkan ukuran penampungan air pun kurang maksimal,” kata Sukara.

Sehingga masyarakat mengeluh belum bisa mengairi sawah, padahal program tersebut tujuannya untuk membantu masyarakat memaksimalkan pengolahan sawah.

“Beberapa sumber memberikan informasi bahwa dalam pengerjaan sumur pantek ada ketidak sesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan,” tambahnya.

Sukara berharap DKPK segera menyelesaikan pengerjaan sumur pantek sesuai standar ideal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pangandaran Solihin mengatakan, program pengerjaan sumur pantek tersebut ada kesalahan dari RAB, sehingga harus diperbaiki dulu.

“Awalnya terjadi riak di masyarakat terkait program pengerjaan sumur pantek yang kurang ideal,” kata Solihin.

Masyarakat beranggapan bahwa untuk pembuatan program sumur pantek tersebut bisa terselesaikan dengan anggaran Rp.20 juta, sementara nilai kontrak secara kedinasan Rp100 juta.

“Maka kami pun menahan dulu penandatanganan pencairan keuangan karena kalau dicairkan Rp100 juta sementara fakta pengerjaan yang ada hanya Rp20 juta akan menjadi temuan BPK dan berurusan dengan hukum,” jelasnya.

Solihin mengatakan, pihaknya baru bisa menandatangani proses pencairan apabila sudah dirubah perencanaan RAB dan nilai kontraknya.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: