» » » Debat Kandidat Cabup - cawabup Pangandaran, Belum Mampu Yakinkan Pemilih


SJO PANGANDARAN - Kekhawatiran banyak pihak bahwa acara Debat Kandidat cabup-cawabup dengan tidak adanya panelis akan sulit mengeksplor wawasan, ide dan gagasan para kandidat benar benar terbukti. Keterbatasan kewenangan moderator yang tidak boleh mengomentari, memberi penilaian dan memberi kesimpulan pendapat para kandidat, membuat forum tersebut hanya penyampaian visi dan misi tanpa penjabaran kongkrit dan detil untuk mewujudkannya.

Padahal ekspetasi masyarakat terhadap acara debat tersebut sangat besar. Namun dengan tidak adanya panelis yang berasal dari berbagai disiplin ilmu membuat harapan keterwakilan masyarakat untuk mengetahui siapa yang layak untuk dipilih, menjadi sia-sia.

Pengamat politik dari Universitas Parahyangan, Bandung, Asep Warlan Yusuf mengakui penyampaian visi misi calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran belum mendetail pada permasalahan yang ada.

Asep Warlan Yusuf yang menjadi juga moderator dalam Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran di Islamic Center Pangandaran, Selasa (3/11) kemarin, melihat hal tersebut berdasarkan pemaparan visi misi  para kandidat yang masih berbicara pada isu-isu global tanpa memaparkan cara yang realistis untuk mewujudkannya.

"Saya juga melihat para kandidat belum mampu memaparkan secara detil apalagi didukung data dalam menyampaikan visi misi mereka," kata Asep.

Menurutnya, salah satu yang paling terlihat adalah keinginan para kandidat menjadikan Pangandaran sebagai Kabupaten Wisata Dunia.

"Perlu banyak pertimbangan untuk menjadikan kabupaten wisata dunia, seperti peningkatan infrastruktur, sumber daya manusia, atau bagaimana menggalang swasta, serta dampaknya bagi masyarakat," kata Asep.

Asep mengakui, kalau acara debat kandidat tersebut masih belum mampu meyakinkan masyarakat untuk menentukan siapa pemimpin Pangandaran yang akan mereka pilih. Namun minimal akan menambah refensi siapa Cabup-cawabub yang layak memimpin Kabupaten Pangandaran.(iwn)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: